Video Viral Kades di Grobogan Tutup Jalan dengan Mobil Halangi Petugas Covid-19

Rustaman Nusantara · Kamis, 18 Juni 2020 - 09:21:00 WIB
Video Viral Kades di Grobogan Tutup Jalan dengan Mobil Halangi Petugas Covid-19
Tangkapan layar video viral mobil Kades Penadaran, Kecamatan Gubug, Grobogan mengadang tim Covid-19.

GROBOGAN, iNews.id - Aksi seorang kepala desa di Grobogan, Jawa Tengah yang mengadang petugas Covid-19 dan polisi viral di media sosial. Kepala desa bersama beberapa warga berusaha menghalangi petugas Covid-19 dan Polsek Gubug dengan memalangkan mobil di tugu perbatasan.

Diketahui, aksi nekat itu dilakukan Kepala Desa Penadaran, Kecamatan Gubug. Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan mobil berwarna silver menutup jalanan desa.

Saat itu, petugas medis dan kepolisian akan menjemput pasien Covid-19 di rumahnya. Warga desa menolak penjemputan pasien covid-19 karena dianggap sangat meresahkan.

Suasana sempat memanas ketika petugas Covid-19 dan kepolisian meminta untuk membuka jalan. Namun Kades Penadaran itu bersikeras menolak penjemputan. Beberapa personel TNI dan polisi pun akhirnya turun dan membuka paksa menyingkirkan mobil yang diparkir di tengah jalan tersebut.

Salah satu warga yang berada di lokasi Tutik Puji Rahayu menjelaskan aksi kepala desa ini dipicu laporan warga yang mengaku resah. Tutik mengaku warga saat itu tidak mengetahui pasti siapa yang dijemput petugas.

"Jadi warga itu resah, terus lapor ke kepala desa. Kami enggak tahu, waktu itu pak kades langsung menutup jalan," ujar Tutik.

Setelah dibuka paksa petugas, pasien langsung dibawa RSUD Ki Ageng Getas Pendowo, Gubug, Grobogan. Dari informasi petugas, warga yang dijemput berinisial BD (43). Dia dinyatakan positif setelah hasil rapid tes pertama reaktif dan dilanjutkan ke tes swab.

Belum diketahui pasti riwayat terpaparnya BD. Namun petugas terus melakukan pemantauan dan kronologi terpaparnya virus corona. Polsek Gubug rencananya memanggil kepala desa dan warga yang ikut dalam aksi pengadangan tim Covid-19.

Editor : Nani Suherni