Viral 3 Makam Misterius di Lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta

Okezone, Bramantyo ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 09:14:00 WIB
Viral 3 Makam Misterius di Lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta
Makam di tengah jalan lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta. (Foto: Okezone/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - Keberadaan tiga makam di tengah jalan lingkungan Keraton Kasunanan tepatnya di Baluarti, Pasar Kliwon, Solo, mendadak jadi sorotan publik setelah viral di media sosial (medsos). Warga sekitar tak ada yang tahu siapa yang dimakamkan di situ. Mereka hanya tahu bila penghuni kuburan tersebut masih berusia anak-anak.

Warga sekitar memberi nama ketiganya Nggoro Kasih, Den Bagus Kintir, dan Mbok Roro Setu. Pihak Keraton Kasunanan juga tak mengetahui siapa yang dimakamkan di lokasi yang kini jadi pemukiman padat tersebut.

Yang pasti salah satu putri Pakubuwono XII GKR Wandansari yang akrab disapa Gusti Moeng mengatakan bila ketiga makam tersebut bukan dari keturunan Keraton Kasunanan.

"Saya tidak tahu siapa dimakamkan di situ. Tapi yang pasti, tiga makam itu bukan berasal dari kalangan kerabat keraton atau keturunan keraton," kata Gusti Moeng, Rabu (8/7/2020).

Menurut Gusti Moeng, dari cerita orang terdahulu, di lokasi makam tersebut ada sungai yang bernama Kalilarangan.

"Di dekat ketiga makam itu dulunya ada pintu air. Karena di situ dulunya ada sebuah kali (sungai) yang diberi nama Kalilarangan," ujarnya.

Nama Kalilarangan, kata Gusti Moeng, diberikan karena memang kali itu sengaja dibuat oleh pihak keraton untuk mengambil air dari Cokrotulung. Dan pintu air tersebut berfungsi untuk mengairi air masuk ke dalam keraton.

"Karena air itu dipakai oleh keraton, maka warga sekitar tak ada yang berani memakai air tersebut. Karena terlarang mengambil air dari kali itu, maka daerah tersebut sampai sekarang diberi nama Kalilarangan,"ujarnya.

Sedangkan ketiga makam tersebut kabarnya anak yang meninggal karena terseret arus kali yang kemungkinan terjadi saat pintu air dibuka.

"Makam itu berisi tiga orang anak yang usiannya masih kecil. Kemungkinan ketiganya hanyut saat pintu kali dibuka. Dan oleh warga sekitar, ketigannya di makamnya di derah tersebut," ucapnya.

Keraton Kasunanan sampai saat ini tak punya rencana memindahkan ketiga makam tersebut.

"Loh kenapa dipindah. Makam itu ada terlebih dahulu sebelum pemukiman. Jadi biarkan saja ada di situ. Di daerah Baluwarti itu juga ada makam Ki Gede Solo," ucapnya.

Editor : Nani Suherni