Viral Adopsi Boneka Arwah, Ini Pandangan Pemerhati Budaya UNS

Ary Wahyu Wibowo ยท Selasa, 04 Januari 2022 - 16:19:00 WIB
Viral Adopsi Boneka Arwah, Ini Pandangan Pemerhati Budaya UNS
Ilustrasi-boneka arwah. (iNews.id/Indira Arri)

SOLO, iNews.id – Kabar adanya artis yang mengadopsi boneka arwah atau spirit doll sebagai anak menghebohkan publik. Bahkan ada yang mengaitkan keberadaan boneka arwah dengan hal-hal berbau mistis

Pemerhati budaya Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Tundjung Wahadi Sutirto mengatgakan, fenomena boneka arwah di Indonesia bukanlah sesuatu yang baru. Sebab masyarakat sejak lama memang sudah mempercayai boneka arwah. 

Dalam mitologi Jawa ada perilaku supranatural menggunakan media visual, seperti boneka, untuk berdialog dengan entitas arwah. Bahkan, di daerah lain juga terdapat fenomena permainan supranatural dengan menggunakan boneka atau visualisasi wujud manusia.

Ia mencontohkan, di kebudayaan Jawa boneka yang dipercaya sebagai media mendatangkan arwah adalah Jalangkung. Sedangkan di daerah lain disebut Nini Thowok atau Nini Thowong.

"Jalangkung itu terbuat dari gayung atau di Jawa disebut dengan siwur (alat untuk mandi) yang terbuat dari bathok (kulit kelapa) dan diberikan ragangan kayu untuk tangan. Kalau Jalangkung itu dipersonifikasikan sebagai figur laki-laki, maka boneka arwah yang personifikasinya perempuan disebut Nini Thowok,” ujar Tundjung Selasa (4/1/2022).

Dikatakannya, keberadaan boneka arwah dalam mitologi Jawa erat kaitannya dengan perkembangan animisme dan dinamisme. Dalam berbagai khasanah dan pustaka sejarah, disebutkan sejak zaman Mesolitikum sudah muncul kepercayaan terhadap kekuatan roh. 

Kemudian hadirnya paham Hindu-Budha semakin memperkaya kepercayaan terhadap roh yang sebelumnya sudah ada. Hal ini mendorong manusia untuk hidup dan membangun harmonisasi dengan entitas roh. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: