Viral Video Siswi SMP Ditendang dan Dipukuli 3 Siswa di Kelas, Diduga di Purworejo

Nani Suherni ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 01:06 WIB
Viral Video Siswi SMP Ditendang dan Dipukuli 3 Siswa di Kelas, Diduga di Purworejo
Tiga siswa SMP menendang dan memukuli seorang siswi di dalam kelas yang diduga di salah satu SMP di Kabupaten Purworejo, Jateng, Rabu (13/2/2020). (Foto: Instagram)

SEMARANG, iNews.id – Kasus bullying atau perundungan lagi-lagi terjadi di sekolah di Indonesia. Kali ini, terjadi di salah satu SMP yang diduga berlokasi di Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng). Seorang siswi ditendang dan dipukuli oleh tiga siswa di dalam kelas secara bergantian.

Video perundungan ini viral di media sosial. Dalam video berdurasi 28 detik itu, terlihat seorang pelajar perempuan berkerudung duduk di dalam kelas sambil menunduk. Di belakangnya, seorang siswa juga terlihat duduk.

Awalnya, seorang pelajar laki-laki memukul kepala korban sambil tertawa-tawa. Korban terlihat memegang kepalanya, tapi tidak melawan dan hanya menunduk. Pelajar yang sama kemudian menendang korban beberapa kali.

Aksi pelajar itu diikuti dua temannya. Mereka menendang korban berkali-kali dan bergantian. Tiga pelajar itu juga bergantian memukuli korban dengan tangan kosong, sapu, dan tongkat.

Bahkan, suara tendangan terdengar di video, menandakan kuatnya tenaga pelaku saat menendang korban. Kursi yang diduduki korban juga terdengar bergeser saat ketiga pelajar itu bertubi-tubi menganiayanya.

Korban yang awalnya hanya diam menunduk, akhirnya menangis kesakitan sambil tetap tertunduk di kursinya. Mendengar korban menangis, mereka tidak lantas berhenti. Ketiga pelaku malah tertawa-tawa seolah kesenangan.

Penganiayaan ini berlangsung di dalam kelas yang sepi. Hanya ada korban dan ketiga pelaku perundungan. Tidak ada siswa lain maupun guru lain yang bisa menghentikan aksi ketiganya.

Aksi yang direkam ini akhirnya viral di media sosial, setelah diposting akun Twitter @black_valley1. “Kelakuan bejad ank² jaman sekrng. Sekolah tuh buat nuntut ilmu bentuk karakter supaya baik bukn mlh kelakuan kaya preman. Ngebully ank org apalagi ank perempuan main pukul main tendang emang kalian pikir itu ga sakitt.”

Dia juga menyebutkan kejadian itu di salah satu SMP di Purworejo, Jawa Tengah.

Video yang diposting ini langsung mendapat banyak tanggapan dari netizen. Para netizen geram dan mengecam keras aksi ketiga pelajar. Para netizen meminta agar pihak terkait segera bertindak, mulai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Kepolisian.

“@Kemendikbud_RI satu lagi kasus bully yg melibatkan anak SMP mohon segera ditindak lanjuti ... tolong dipikirkan bagaimana supaya hal ini tidak terulang kembali ... itu guru2 pada kemana ???,” kata pemilik akun Twitter @aguskode.

“Kalo melihat seragamnya sepertinya tingkat SMP, harap pa bupati/walikota yg menaungi sekolah ini agar segera mengambil tindakan, dengan mengembalikan anak yg membully ini ke orang tuanya .....,” kata @didi_armayanto.

“harusnya para pembully apalagi disekolah harus dikeluarkan dan tidak diizinkan sekolah lagi, kasih hukuman sosial, kalungin dgn tulisan "saya pembully", suruh kerja bakti di pinggir jalan , jgn karna sudah minta maaf trus dilepasin gitu aja pak @ganjarpranowo,” kata akun @Glaceon08.


Editor : Maria Christina