Waduh! Istri hingga Mertua Kades di Purbalingga Masuk Daftar Penerima Bantuan

Catur Edi Purwanto · Sabtu, 23 Mei 2020 - 11:01 WIB
Waduh! Istri hingga Mertua Kades di Purbalingga Masuk Daftar Penerima Bantuan
Kepala Desa Ketawis Khabibie (Foto: iNews/Catur Edi Purwanto)

PURBALINGGA, iNews.id - Penyaluran dana bantuan sosial tunai (BST) kurang tepat sasaran kembali terjadi di Purbalingga, Jawa Tengah. Kali ini, istri kepala desa beserta orang tuanya tercatat sebagai penerima uang bantuan sosial dari pemerintah.

Empat warga mampu di Purbalingga mengembalikan bantuan yang dikhususkan bagi warga terdampak Covid-19. Mereka terdiri atas seorang istri kepala desa beserta orang tuanya dan dua istri perangkat desa.

Istri Kepala Desa Ketawis, Kecamatan Bukateja, Siti Nurani mengaku kaget namanya masuk daftar penerima bantuan. Sebagai istri kepala desa, dia merasa tidak layak menerima uang bantuan sosial dari Kementerian Sosial. Selain dirinya, ibu kandung dan dua orang istri perangkat desa setempat juga tercatat sebagai penerima bantuan Rp600.000 rupiah.

"Saya kaget. Nanti akan jadi seperti apa. Kok ada nama saya di sana. Ternyata setelah ditelurusi, itu data dari pusat ya kami minta dihapus saja," kata Siti Nurani, Sabtu (23/5/2020).

Senada dengan sang anak, mertua Kades Ketawis Titin Asmoro pun mengembalikan bantuan tersebut. Dia merasa tak pantas karena secara ekonomi pun mampu.

"Saya ini ibunya bu kades, masa terima bantuan. Saya enggak enak. Jadi dikiranya korupsi. Saya alihkan ke yang butuh," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Ketawis Khabibie mengaku tidak pernah mencatatkan nama istri dan mertuanya. Dia pun langsung berkoordinasi dengan dinas sosial agar keempat nama penerima dicoret dari daftar dan mengalihkan bantuan ke warga yang lebi berhak menerima namun belum terdaftar

"Waktu pengecekan, lah kok nama istri saya masuk. Saya cek lagi dua kali istri saya masih masuk di daftar," ucapnya.

Setelah diusut, data tersebut rupanya mengacu pada daftar tahun 2014. Dia pun meminta agar nama keluarganya dan perangkat desa lain dicoret.

Sesuai data dari dinas sosial Kabupaten Purbalingga, penerima BST sebanyak 22.266 keluarga. Pemkab pun meminta masyarakat ikut mengoreksi dan melaporkan ke desa jika bantuan sosial tunai salah sasaran.


Editor : Nani Suherni