Warga di Puncak Pegunungan Lasem Berjuang Dapatkan Air Bersih di Awal Kemarau

Musyafa ยท Rabu, 19 Mei 2021 - 16:19:00 WIB
Warga di Puncak Pegunungan Lasem Berjuang Dapatkan Air Bersih di Awal Kemarau
Warga Dusun Kolilo, Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang saat antre mengambil air. Foto: iNews/Musyafa Musa.

“Kedalaman 150 meter belum dapat air, ini alatnya malah putus, kecepit di dalam. Jadi berhenti tidak dilanjutkan,” kata Sulastri.

Bagi warga yang tidak sabar antre, mereka biasanya mengambil air ke dusun tetangga dengan naik sepeda motor, melewati jalan terjal berjarak sekira 3 kilometer. Meski setiap hari menghadapi kesulitan air, namun masyarakat tetap bertahan tinggal di kampung halaman.

“Lha mau pindah ke mana, sudah terlanjur di sini menetap sama keluarga. Susah senang ya di sini,“ kata tokoh warga Dusun Kolilo, Nyuwadi. 

Untuk menuju Dusun Kolilo yang berada di puncak perbukitan, membutuhkan perjuangan ekstra apabila armada truk tangki ingin memasok bantuan air. Namun bantuan seperti itu sifatnya jangka pendek. Warga berharap ada solusi dengan mengoptimalkan sumber air di luar kampung yang bisa ditarik masuk ke Dusun Kolilo.

Kepala Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem, Dwi Sukamdi mengaku sudah berupaya melakukan pengeboran sumur melalui anggaran desa tahun 2019 dan 2020. Namun diakuinya, belum bisa tuntas karena kendala teknis di lapangan.

“Termasuk pipa bor putus. Selain Kolilo, yang masih susah air di Dusun Lorog dan Mentoro. Kalau tahun 2021 ini tidak ada pemangkasan anggaran lagi,  kami upayakan pengeboran di Dusun Mentoro,” ucapnya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: