Warga Klaten Ini Sukses Budi Daya Ikan Hias di Tengah Pandemi, Raup Omzet Rp30 Juta per Hari

Saeful Effendi ยท Selasa, 21 September 2021 - 06:12:00 WIB
Warga Klaten Ini Sukses Budi Daya Ikan Hias di Tengah Pandemi, Raup Omzet Rp30 Juta per Hari
Pengunjung saat melihat-lihat ikan hias milik Miftahul Jamal, warga Desa Kradenan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten. (iNews/Saeful Effendi)

KLATEN, iNews.idPandemi Covid-19 tak selamanya membuat pelaku usaha menurun akibat penerapan PPKM. Buktinya, Miftahul Jamal, warga  Desa Kradenan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mampu mengembangkan budi daya ikan hias hingga omzet-nya meningkat dua kali lipat.

Berkat keuletan dan ketelatenannya, pria berusia 45 tahun itu bisa meningkatkan dan mengembangkan usaha budi daya dan bisnis ikan hias di tengah masa pandemi Covid-19.

Selama  masa pandemi ini, permintaan ikan hias miliknya meningkat drastis. Dari omzet per hari sebelumnya hanya kisaran Rp5 juta sampai Rp10 juta. Di masa pandemi ini meningkat dua kali lipat bisa Rp20 juta hingga Rp30 juta per harinya.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2003 sampai sekarang ada 60 jenis ikan hias, mulai jenis koi, oscar, cupang, lemon, cana, patin. Dengan modal awal yang hanya kisaran  Rp60.000, kini ia mampu mengembangkan usahanya bahkan dijual hingga di sejumlah kota besar mulai dari Solo, Jogja hingga Jawa Timur dan Bali.

Meski banyak suka duka dalam mengembangkan usaha ini,  namun berkat keuletan dan ketelatenan dalam berusaha dia mampu memanfaatkan situasi pandemi Covid karena diharuskan  beraktivitas di rumah saja dengan mendulang rupiah.

“Kita awalnya cari kerja sulit. Kita otak-atik, mulanya memelihara ikan kecil-kecil seperti ikan lele, ikan nila. Ternyata sehari malah kia jual laku awalnya cuma Rp500 lama-lama meningkat otomatis kita beralih ke ikan yang lain,” kata Jamal, Senin (20/9/2021).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: