WNI di Natuna Segera Pulang, Jokowi: Protokol Kesehatan Sudah Dilalui

Puji Hartono ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 15:24 WIB
WNI di Natuna Segera Pulang, Jokowi: Protokol Kesehatan Sudah Dilalui
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Kabupaten Magelang, Jumat (15/2/2/2020). (Foto: iNews/Puji Hartono)

MAGELANG, iNews.id - Menjelang kepulangan ratusan WNI yang di Karantina di Kepulauan Natuna, Presiden Joko Widodo berharap masyarakat bisa menerima dan tak panik. Dia memastikan, ratusan warga tersebut dinyatakan sehat sesuai prosedur.

Pascapulang dari Wuhan dan 14 hari menjalani karantina di Kepuluan Natuna, ratusan WNI akan kembali ke rumah masing-masing. Rencananya, Sabtu (15/2/2020), mereka sudah bisa kembali ke wilayahnya.

Jokowi memastikan, selama karantina di Natuna, semua protokol kesehatan sesuai arahan WHO. Dia meminta agar masyakarat menerima kehadiran WNI tersebut.

"Protokol kesehatannya sudah dilalui, jadi terima apa adanya," kata Jokowi di kawasan Jurang Jero Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (15/2/2020).

"Saya harapkan masyarakat bisa menerima apa adanya, wong sudah dikarantina selama 14 hari juga dan enggak ada masalah," ujar Jokowi kembali.

Tercatat, dari 237 WNI, sembilan di antaranya warga Jateng. Kemudian, dua orang merupakan warga Yogyakarta.

Sebelumnya, baik Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X juga meminta warga menerima kehadiran masyarakat pascadikarantina.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, mereka akan segera pulang ke rumah masing-masing. Menurut saya, dua minggu dikarantina di Natuna sudah mengukur bahwa program inkubasinya sudah selesai dan dinyatakan sehat serta boleh pulang," kata Ganjar, di Boyolali, Rabu (12/2/2020).

Ganjar berpesan masyarakat tidak mengucilkan sembilan warganya karena takut tertular virus korona.

"Mereka sudah sehat, jadi tidak apa-apa, diterima saja dengan baik. Jangan takut terkena virus korona karena mereka sudah diuji, dicek selama masa inkubasi," ujarnya.

Senada dengan Ganjar, Sri Sultan juga akan menerima secara terbuka warganya yang telah melewati masa karantina sesuai ketentuan pemerintah pusat.

"Kalau memang sudah diperiksa dan dinyatakan tidak kena virus korona ya tidak ada masalah," kata Sultan usai menyaksikan sertijab Ketua OJK DIY di Royal Ambarrukmo Hotel, Senin (3/2/2020).


Editor : Nani Suherni