Yakin Bisa Berkoalisi saat Semua Partai Merapat ke Gibran, PKS: Sepintas Tertutup Memang

Septyantoro ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 12:22 WIB
Yakin Bisa Berkoalisi saat Semua Partai Merapat ke Gibran, PKS: Sepintas Tertutup Memang
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto (Foto: iNews/Septyantoro)

SOLO, iNews.id - Partai Gerindra, PAN, PSI dan Golkar secara resmi merapat ke kubu PDIP untuk mencalonkan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa di Pilkada Solo. Kini PKS merupakan satu-satunya partai yang masih tak merapat kemana pun.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto menegaskan, mereka optimistis bisa membentuk poros baru melawan Gibran-Teguh. Saat ini mereka tengah melakukan komunikasi dengan partai lain di tingkat DPP.

"PKS masih konsisten membangun kapal koalisi meskipun secara sepintas tertutup memang," kata Sugeng.

Dia bahkan meminta agar para kandidat yang kemarin sempat datang ke PKS untuk melobi ke DPP. Seperti diketahui, sebelumnya cucu Pakubowono XII, BRA Putri Woelan Sari Dewi pernah menyambangi PKS Solo. Tak lama kemudian dia juga bertandang ke DPP PAN bertemu dengan Zulkifli Hasan.

"Untuk para kandidat yang kemarin datang ke PKS, ini bisa dimanfatkan untuk lobi politiknya di level pusat. Ini juga mendorong untuk memperkuat perahu koalisi sekarang," katanya.

Dalam perhitungan PKS dukungan kepada Gibran justru dapat menjadi bumerang pada saat Pemilu 2024 nanti. Khususnya, PAN dan Gerindra yang pada pemilu sebelumnya bersama PKS.

Persyaratan partai mencalonkan wali kota maju dalam pilkada yakni memiliki sembilan kursi di DPRD. Sementara PKS mempunyai 5 kursi, PAN 3 kursi dan Gerindra 3 kursi. Jika kombinasi ini masih terjadi maka Gibran akan mendapat lawan yang seimbang.


Editor : Nani Suherni