Infografis Kacamata Berbahan Limbah Kayu dari Batang Tembus Pasar Eropa

Antara ยท Sabtu, 20 Maret 2021 - 19:18:00 WIB
Infografis Kacamata Berbahan Limbah Kayu dari Batang Tembus Pasar Eropa
Infografis Kacamata Berbahan Limbah Kayu dari Batang Tembus Pasar Eropa. (Infografis: Masyhudi)

BATANG, iNews.id – Produk kerajinan kacamata berbahan limbah kayu dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mampu menembus pasar Eropa dan Asia Tenggara seperti Perancis, Belgia, Malaysia, dan Singapura. Ekspor produk UMKM ini patut membuat warga Batang berbangga. 

Menurut perajin kacamata merek Cendana Dedy Irawan pemasaran kacamata berbahan kayu ini melalui sistem daring dan "reseller". Kacamata itu biasanya diekspor ke Prancis, Belgia, Malaysia, dan Singapura.

Pembuatan kacamata berbahan limbah kayu ini dilakukan secara otodidak dengan melihat video tutorial. Adapun kelebihan produk kacamata yang dibuatnya, 100 persen tidak memakai sambungan dan sepenuhnya berupa bahan kayu kecuali kaca lensa.

Kacamata ini dibuat menggunakan limbah kayu pilihan seperti sonokeling, jati, dan maple sebagai upaya menjamin kualitas produknya.

Di Indonesia, produk kacamata berbahan limbah kayu tersebut dijual mulai Rp250.000 hingga Rp750.000 dengan pangsa pasar sudah hampir merambah di seluruh Indonesia seperti Bali, Bandung, dan Yogyakarta.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: