Benteng Pendem di Cilacap menjadi salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. (tangkapan layar IG @bentengpendem)
Tim iNews.id

CILACAP, iNews.id – Ada 9 destinasi wisata di Cilacap bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Wilayah paling barat Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat ini memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik.

Kabupaten Cilacap, memang terkenal dengan pulau penjaranya, tempat para tahanan kelas kakap yaitu di Pulau Nusakambangan. Meski terdengar sangat menyeramkan, namun pesona keindahan alamnya membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Cilacap.

Berikut daftar 9 destinasi wisata di Cilacap yang dikutip dari iNewsCilacap.id.

1. Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu merupakan hamparan pasir hitam yang memberi kesan eksotis. Pantai Teluk Penyu adalah salah satu wisata sepaket dengan Benteng Pendem dan Pulau Nusakambangan. Harga tiket masuk ke pantai ini yang tergolong murah yakni berkisar Rp10.000 per orang. 

2. Kemit Forest
Kemit Forest merupakan tempat wisata baru yang ada di Cilacap. Di Kemit Forest menawarkan panorama alam yang indah, udara segar, dan pepohonan hijau, tempat ini cocok dijadikan destinasi akhir pekan. Untuk masuk ke Kemit Forest, pengunjung akan dikenakan biaya berkisar Rp20.000 per orang. Objek wisata ini sendiri buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

3. Segara Anakan
Segara Anakan merupakan laguna yang memisahkan Pulau Jawa dengan Pulau Nusakambangan. Di tempat wisata Cilacap ini, wisatawan dapat dengan mudah menemukan banyak tanaman mangrove atau hutan bakau dengan ikan yang hidup di bawahnya.

Segara Anakan Cilacap sendiri merupakan laguna raksasa yang merupakan muara dari tiga sungai besar, diantaranya adalah sungai Cikonde, Sungai Citanduy, dan Sungai Cibeureum. Untuk menuju lokasi ini, wisatawan akan menggunakan kapal menuju kampung laut.

4. Gunung Selok
Destinasi wisata di Cilacap selanjutnya adalah Gunung Selok. Gunung Selok berada diketinggian sekitar 150 mdpl. Di lokasi ini banyak ditemukan gua di sekitar Gunung Selok. Setidaknya ada dua gua yang populer, di antaranya adalah Gua Rahayu dan Gua Naga Raja yang berbentuk menyerupai naga.

Selain itu, di atas Gunung Selok terdapat pula padepokan yang bernama Jambe Pitu. Wisatawan juga akan melihat pemandangan alam yang indah, hamparan sawah, laut, dan juga pepohonan rimbun.

5. Benteng Pendem
Benteng Pendem atau Kustbatterij op de Landtong te Tjilatjap merupakan bangunan peninggalan Belanda yang sudah ada sejak tahun 1861. Benteng Pendem sendiri sempat tidak terurus akibat terpendam oleh pasir. 

Pada tahun 1986 benteng pendam mulai digali dan mendapatkan perhatian hingga dijadikan sebagai objek wisata Cilacap. Benteng ini buka mulai pukul 08.00 - 18.00 WIB dengan harga tiket masuk berkisar Rp5.000-Rp7.500.

6. Curug Pengantin
Wisata Cilacap berikutnya adalah Curug Penganten atau air terjun Pengantin yang letaknya berada di Cilacap bagian barat, tepatnya di Desa Bengbulang, Kecamatan Karangpucung. Curug ini berada di tengah hutan pinus dan dikelola oleh Perhutani. 

Walaupun curug ini hanya memiliki ketinggian sekitar 20 meter, namun keindahan yang sangat menawan. Hutan pinus serta perkebunan warga membuat curug ini terlihat sangat asri. Untuk biaya masuknya sendiri berkisar Rp.5.000 per orang kita sudah bisa bermain air di Curug Pengantin.

7. Waduk Kubangkangkung
Waduk Kubangkangkung berada di Sokawera, Kubangkangkung, Kawunganten, Kabupaten Cilacap. Tempat wisata ini berada di tengah hutan karet dan pinus. Waduk yang dibangun sejak 2014 ini masih terjaga keasriannya.

Untuk tiket masuk lokasi ini relatif terjangkau, yakni sekitar Rp10.000 per orang namun selain menikmati waktu santai Waduk Kubangkangkung bisa dijadikan tempat camping.

8. Pantai Kali Kencana
Selanjutnya adalah Pantai Kali Kencana, letaknya berada di pulau Nusakambangan. Meski berdekatan dengan salah satu penjara yang sangat terkenal, namun ada titik di mana wisatawan bisa berkunjung. Salah satunya adalah keindahan pantai Kali Kencana, Nusakambangan.

Pantau ini menghadap langsung ke Samudra Hindia di mana terdapat tebing tinggi yang berada dikanan dan kiri pantai. Untuk menuju pantai ini kita cukup membayar Rp25.000 per orang dengan menggunakan kapal untuk menyeberang ke pulau Nusakambangan.

9. Pantai Ranca Babakan
Pantai Ranca Babakan masih berada di pulau Nusakambangan. Salah satu pantai yang menyuguhkan keindahan pasir putih serta pesona alam yang belum diketahui kebanyak orang. Cilacap sendiri memang terkenal dengan pantai-pantai yang sangat mempesona serta eksotis. Lokasi ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat. Untuk tiket masuk pantai ini berkisar Rp30.000 per orang.

Itulah 9 destinasi wisata di Cilacap. Jika Anda sedang jalan-jalan ke Cilacap, jangan lupa untuk berkunjung ke beberapa tempat ini. Semoga informasi ini bermanfaat.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT