Warga Warga Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri kini tak lagi susah mendapatkan air bersih setelah ada embung. (Ist)

WONOGIRI, iNews.id - Warga Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri kini bisa bernafas lega. Mereka tak lagi dihantui bencana kekeringan dan kesulitan air bersih

Hal itu tak lepas dengan pembangunan embung yang diinisiasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada 2016. Desa berpenduduk sekitar 500 kepala keluarga itu, 95 persen mendapat manfaat dari embung tersebut. Tiap pagi dan sore hari, mereka mengambil air di embung menggunakan jeriken.

Selain untuk kebutuhan memasak, air embung itu juga digunakan untuk memberi makan ternak, perkebunan dan beribadah di masjid.

Endiyanto, seorang warga Desa Gudangharjo menuturkan bahwa manfaat embung betul-betul sangat membantu warga, terutama pemenuhan kebutuhan air baku.

"Manfaat dari embung betul-betul sangat membantu warga sekitar untuk air minum, wudhu di masjid dan buat minum ternak," katanya, Kamis (3/10/2022).

Dia tak bisa menyembunyikan kebahagiannya setelah di desanya dibangun embung tersebut. Sebab, bertahun-tahun sebelumnya, warga harus membeli air tangki untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Bukan hanya memasak, air dari embung juga bermanfaat untuk hewan ternaknya. Saat ini, ia memiliki dua ekor sapi dan lima ekor kambing.


Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Artikel Terkait

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network