SOLO, iNews.id – Pandemi Covid-19 membuat usaha kecil dan menengah (UKM) memasuki masa new wave yang mengandalkan teknologi dalam pemasaran. Mereka perlu merubah mindset dan strategi pemasaran dalam memberikan inovasi produk serta layanan.
Semenjak pandemi Covid-19, minat masyarakat berwirausaha semakin tinggi. Banyak di antaranya ingin mencari penghasilan tambahan di tengah krisis. Namun terdapat kendala dalam memulai usaha sendiri, seperti jaringan pemasaran serta pengembangan inovasi dan produk.
“Tantangan pelaku UKM adalah mengubah mindset dan strategi pemasaran dalam memberikan inovasi pada produk dan layanan. Harapannya agar bisa memanfaatkan era new wave secara optimal. Termasuk UKM di Solo, perlu meningkatkan kemampuan digital marketing jika ingin sukses bersaing,” kata Agus Yunanto, Deputy Head of Branch JNE Solo saat webinar, Rabu (17/2/2021).
Pembicara dari UKM, Tonny Winata mengatakan, saat krisis seperti sekarang, pemahaman mengenai pemasaran online sangat diperlukan UKM. Berkaca dari pengalaman bisnisnya, online selling tidak hanya menyelamatkan usahanya. Namun juga membuka peluang ke pasar lokal dan internasional.
Editor : Ary Wahyu Wibowo
Artikel Terkait