Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jateng Jusman (kiri) dan Teguh Hartaya Kepala Lapas Narkotika Purworekerto yang diganti karena memasuki pensiun. Foto Dok Kanwil Kemenkumham Jateng
Eka Setiawan

BANYUMAS, iNews.id - Dua kepala penjara di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah diganti. Masing-masing adalah Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto dan Kepala Rutan Kelas IIB Banjarnegara.

Serah terima jabatan kedua kepala penjara tersebut digelar di Aula Lapas Narkotika Purwokerto pada hari ini, Rabu (2/11/2022).

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jateng Jusman Ali memimpinnya. Kalapas Narkotika Purwokerto Teguh Hartaya digantikan Irfan yang berstatus Pelaksana Tugas (Plt). Teguh digantikan karena memasuki masa pensiun.  

Kepala Rutan Banjarnegara yang lama Karyono digantikan Bima Ganesha Widyadarma. Karyono berpindah tugas menjadi Kepala Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Ternate.  

Kadivmin Kanwil Kemenkumham Jateng Jusman mengatakan belakangan ini memang banyak SK Menkumham tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Administrasi di lingkungan Kemenkumham. 

SK itu ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemenkumham dan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng. “Artinya banyak mutasi dan rotasi sebagai tindak lanjut dari SK tersebut,” katanya.

Menyikapi hal tersebut, Jusman mengatakan untuk tidak apriori dan resistance. Karena menurutnya itu merupakan bagian dari mekanisme pengembangan diri.

"Kalo ada SK, janganlah apriori, jangan resistance. Jangan beranggapan buruk. Itu bagian dari pengembangan SDM," ujarnya

Lebih mendalam, Jusman berpendapat mutasi dan rotasi merupakan media untuk bisa terus mengasah kemampuan di tempat yang berbeda, dengan beban kerja yang berbeda, dengan lingkungan yang berbeda, dengan kondisi yang berbeda dan dengan tugas yang berbeda.

Jusman juga berpesan kepada pejabat yang baru untuk mampu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, menimba ilmu secara maksimal dan segera beradaptasi dengan kondisi terkini.
 


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT