Panorama Gunung Sindoro, Wonosobo, Jawa Tengah . (Foto : Tahura R Soerjo / istimewa)
Reza Rizki Saputra

JAKARTA, iNews.id - Apakah kamu sedang mencari gunung yang cocok didaki untuk pemula di Jawa Tengah saat libur 17 Agustus? Simak tulisan berikut ini untuk pembahasan lengkapnya.

Tanggal 17 Agustus menjadi momen yang selalu dinantikan oleh semua masyarakat Indonesia. Pada hari tersebut merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Indonesia yang telah lepas dari belenggu penjajahan. 

Oleh karena itu, banyak masyarakat Indonesia yang merayakan 17 Agustus dengan berbagai macam kegiatan salah satunya dengan mendaki gunung. Kebanyakan masyarakat ingin mendaki gunung saat libur 17 Agustus dikarenakan ingin mengibarkan bendera merah putih di atas ketinggian. 

Berikut ini terdapat beberapa gunung di Jawa Tengah yang dinilai ramah bagi kalian para pendaki pemula, cocok untuk kalian yang ingin merayakan 17 Agustus di atas ketinggian : 

Gunung Andong, Magelang
Gunung yang cocok didaki untuk pemula di Jawa Tengah yang pertama adalah Gunung Andong. Gunung ini berada di Desa Ngablak dan Tlogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang. Gunung Andong digemari para pendaki pemula karena jalurnya yang tidak terlalu terjal, dan waktu tempuh yang singkat.

Tak hanya itu, Gunung Andong juga menawarkan pemandangan yang indah. Gunung ini memiliki empat puncak sekaligus dan berjejer yang membentang dari barat ke timur, yakni Puncak Makam, Jiwa, Andong, dan Alap-alap, pemandangan indah 360 derajat.

Berada di puncak Gunung Andong, para pendaki akan disuguhi pemandangan dari Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, serta puncak Gunung Andong lainnya. Termasuk deretan perbukitan yang membentang, hingga hamparan petak-petak lahan pertanian warga yang menawan.

Ada tiga jalur yang bisa ditempuh yaitu rute dari selatan (Jogja, Ketep Magelang, dan Purworejo) rute jalur dari utara Magelang (Semarang, Salatiga, Ungaran, Boyolali dan Solo) dan juga rute dari barat (Grabag, Wonosobo, Secang, Temanggung, dan Parakan).

Gunung Andong memiliki enam base camp sebagai titik mula pendakian Gunung Andong, yakni Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik, dan Dusun Temu di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Gunung Besek, Kismantoro, Kabupaten Wonogiri
Apabila kalian ingin mendaki gunung namun tak ingin bersusah payah mendaki, maka Gunung Besek merupakan jawaban yang tepat. Gunung yang terletak di sudut tersembunyi Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Gunung Besek ini, menyimpan pesona keindahan panorama khas pegunungan.

Menuju Gunung Besek tak memerlukan perjuangan untuk mendakinya. Bahkan dari area parkir hingga lokasi tujuan, kondisi jalannya malah cenderung menurun sehingga sangat mudah untuk dijangkau bagi pemula. Meski demikian, kalian tetap akan mendapatkan sensasi mendaki gunung. Hal itu karena pemandangan yang terlihat begitu memesona. Hamparan perbukitan dan semilir angin juga akan menerbangkan semua perasaan lelah saat mendaki.

Gunung Gandul, Wonogiri
Gunung Gandul terletak di Kelurahan Giriwono, Wonogiri. Untuk menuju ke lokasi dari kota Wonogiri membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Untuk menuju puncak dari area parkir Gunung Gandul, dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Jalur yang ditempuh terdiri dari anak tangga dan jalan setapak berbatu yang hanya akan dijumpai saat menjelang puncak. Kalian akan menjumpai panorama Waduk Tandon, Waduk Gajah Mungkur, Gunung Gajah Mungkur. dan Gunung Gajah dari puncak.

Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng
Gunung yang cocok didaki untuk pemula di Jawa Tengah selanjutnya adalah Gunung Prau. Gunung Prau merupakan salah satu gunung di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Gunung ini merupakan tapal batas antara empat kabupaten di Jateng yakni Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo.

Banyak yang mengatakan bahwa Gunung Prau merupakan salah satu gunung yang menyajikan pemandangan sunrise terbaik di Asia Tenggara. Oleh karenanya tak heran jika gunung di Jawa Tengah ini menjadi destinasi favorit untuk pendaki pemula.

Dibutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam perjalanan dari basecamp menuju sunrise camp di Gunung Prau. Di puncak Gunung Prau, pendaki akan disajikan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur.

Gunung Sepikul, Sukoharjo
Gunung Sepikul terletak di di Kerten, Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Meski tergolong tak terlalu tinggi, akan tetapi pemandangan dari gunung ini terbilang cukup indah.

Perjalanan untuk menuju puncak hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit saja. Kondisi jalur pendakian juga tidak sulit, terdapat jalan setapak yang bisa dilintasi oleh para pendaki pemula. Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Sepikul ini yaitu menjelang momen matahari terbenam.

Gunung Ungaran, Semarang
Gunung Ungaran berada di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 2.050 mdpl. Gunung ini memang menjadi salah satu destinasi favorit untuk pendaki pemula, terutama yang berasal dari Jawa Tengah. 

Meskipun begitu, trek di Gunung Ungaran dapat dikatakan cukup menantang dan lebih sulit dibanding Gunung Andong. Dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan dari basecamp hingga ke puncak Gunung Ungaran.

Gunung Gajah Mungkur, Sukoharjo
Gunung Gajah Mungkur terletak di Dusun Kerjo, Kedungsono, Bulu, Sukoharjo. Untuk menuju gunung ini dapat menggunakan sepeda motor melalui rute Dusun Pringsewu, Gunungan, Manyaran, Wonogiri.

Jarak Pringsewu dengan kawasan kota Wonogiri kurang lebih 30 km. Setiba di lokasi, kalian akan memarkir kendaraan di hutan yang berjarak sekitar 500 meter dari puncak gunung lalu berjalan kaki. Walaupun belum dibuka untuk wisata, lokasi ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Gunung Sindoro, Wonosobo
Gunung yang cocok didaki untuk pemula di Jawa Tengah selanjutnya adalah Gunung Sindoro. Gunung yang berada di Kabupaten Wonosobo ini juga menjadi salah satu favorit pendaki gunung karena menyuguhkan landscape yang cantik baik ketika sunset maupun sunrise.

Terdapat tiga jalur yang dapat digunakan untuk menuju ke lokasi ini yakni via jalur Sigedang Tambi dan Alang-alang Sewu, serta jalur Kledung. Para pendaki pemula disarankan melalui rute Kledung karena transportasinya lebih mudah.

Untuk menuju jalur Kledung ini kalian bisa naik bus jurusan Magelang-Wonosobo. Setibanya di Desa Kledung, kalian akan menyusuri jalan bebatuan lewat pertanian penduduk untuk menuju pos pertama. Kalian dapat berjalan kaki atau naik ojek hingga pos pertama.

Gunung Bismo, Wonosobo
Gunung Bismo merupakan sebuah gunung yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo dan berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.365 mdpl. 

Gunung ini memiliki jalur pendakian yang landai dan untuk mencapai puncaknya dengan memakan waktu kurang lebih 2 hingga 4 jam tergantung kecepatan dan kondisi fisik. Untuk mendaki gunung ini, jalur yang populer dan memiliki jalur yang tidak terlalu sulit adalah melalui basecamp Sikunang dan Silandak.

Bukit Mongkrang, Karanganyar
Kebanyakan orang mengira bahwa jalur pendakian di Kabupaten Karanganyar hanyalah menuju puncak Gunung Lawu saja. Namun ada satu jalur pendakian lain, yakni menuju Bukit Mongkrang. Bukit ini terletak di sebelah selatan dari Gunung Lawu. Jalur pendakiannya bisa dimulai dari Tlogo Dlingo.

Saat ini pendakian Bukit Mongkrang menjadi favorit pendakian karena waktu tempuh ke puncak yang hanya sekitar 1 jam. Namun, puncak yang sekarang banyak dikunjungi wisatawan adalah Candi Mongkrang 1. Sementara masih ada puncak yang lebih tinggi lagi, yakni Candi Mongkrang 2 dan Jobolarang. 

Itu dia rekomendasi gunung yang cocok didaki untuk pemula di Jawa Tengah saat libur 17 Agustus. Tetap lah berhati-hati saat mendaki meskipun trek terbilang cukup ramah pemula, serta tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam ya! Salam Lestari!


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT