Sejumlah perangkat desa di Desa Madu Kecamatan Mojosongo menggelar salat gaib dan doa bersama untuk korban erupsi Gunung Semeru. (iNews/Tata Rahmanta)
Tata Rahmanta

BOYOLALI, iNews.id – Berbagai  aksi solidaritas untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang terus dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Seperti di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah,  sejumlah perangkat desa di lereng Gunung Merapi menggelar salat gaib dan doa bersama.

Sejumlah perangkat desa di Desa Madu Kecamatan Mojosongo mengadakan salat gaib dan doa bersama untuk korban erupsi Gunung Semeru.

Tidak hanya perangkat desa, sholat ghoib dan doa bersama juga diikuti tokoh masyarakat, ibu-ibu penggerak PKK desa setempat serta TNI-Polri.

Kegiatan tersebut dilakukan di aula desa setempat yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Madu, Tri Haryadi.

“Salat gaib dan doa bersama diadakan secara spontan untuk ikut merasakan apa yang sedang dirasakan warga di Kabupaten Lumajang yang saat ini sedang dilanda bencana alam yaitu erupsi gunung semeru,” kata Tri Haryadi, Kamis (9/12/2021).

“Usai salat gaib, dilanjutkan dengan doa bersama agar korban meninggal erupsi Gunung Semeru diterima yang maha kuasa dan yang selamat diberi ketabahan,” katanya.

Uniknya, dalam doa bersama turut disajikan nasi tumpeng, ingkung dan jajan pasar. Selain untuk korban erupsi Gunung Semeru, doa bersama juga untuk meminta keselamatan untuk warga Madu dan umumnya warga Boyolali.

Hal itu dilakukan karena Desa Madu berada di sisi timur Gunung Merapi yang saat berstatus waspada level tiga.
 


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT