10 Tahun Terdampak Bencana Rob, Ribuan Rumah di Pekalongan Semakin Pendek

Suryono Sukarno ยท Senin, 09 Agustus 2021 - 17:10:00 WIB
10 Tahun Terdampak Bencana Rob, Ribuan Rumah di Pekalongan Semakin Pendek
Rumah warga di pesisir Pekalongan yang semakin pendek karena lantainya ditinggikan akibat banjir rob. Foto: iNews/Suryono Sukarno.

PEKALONGAN, iNews.id – Ribuan rumah di pesisir Pekalongan semakin pendek sebagai dampak bencana rob sejak 10 tahun terakhir. Banjir air pasang parah membuat para pemilik rumah meninggikan lantai rumah agar tidak terendam. 

Saat ini ribuan bangunan rumah warga pesisir di Kabupaten Pekalongan maupun Kota Pekalongan tampak semakin rendah atau pendek. Sebelumnya, bangunan yang ditempati normal layaknya rumah biasa. 

Namun karena lantainya ditinggikan menyusul banjir dan rob, sehingga bangunan semakin rendah. Seperti kawasan padat penduduk di Kampung Pabean, Kelurahan Padukuhan Kraton, Pekalongan Utara. Hampir seluruh rumah kondisinya menjadi rendah.

Hanya beberapa rumah yang sudah ditinggikan. Atap rumah yang dulunya sekitar 3 meter, kini hanya tinggal sekitar 1,5 meter. Bahkan ada yang kurang dari satu meter. Masuk rumah harus menunduk atau jalan jongkok agar tidak terbentur kayu pintu masuk rumah.

Warga menguruk lantai hampir setiap tahun sekitar 30 sentimeter, agar air tidak masuk ke dalam rumah. Namun ditinggikannya lantai rumah tidak dibarengi dengan dinaikkannya atap rumah. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: