25 Jembatan Membentang di Ruas Jalan Tol Semarang-Solo, Begini Perawatannya

Ahmad Antoni ยท Rabu, 30 Juni 2021 - 07:14:00 WIB
25 Jembatan Membentang di Ruas Jalan Tol Semarang-Solo, Begini Perawatannya
Salah satu jembatan di ruas jalan Tol Semarang-Solo. (foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id – PT Trans Marga Jateng (TMJ) melakukan pemeliharaan rutin 25 jembatan di sepanjang ruas jalan Tol Semarang-Solo. Itu dilakukan guna mendukung kelancaran mobilitas barang dan jasa serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.

Terdapat 25 jembatan membentang di ruas jalan Tol Semarang-Solo yang harus dilakukan perawatan secara rutin. Ke-25 jembatan tersebut yakni Jembatan Tembalang Junction, Banyumanik I, Banyumanik II, Gedawang, Susukan, Penggaron, Kali Tinalun, Lemah Ireng I, Lemah Ireng II, Tuntang.

Kemudian Kauman Kidul, Sanjoyo, Kali Kendeng dan Serang, Kali Cemoro, Kali Butak, Kali Cengger 1, Kali Bendo, Kali Kiringan, Kali Putih 1, Kali Putih 2, Akses Road Kali Putih, Sungai Grenjeng, Sungai Putih, Sungai Plered dan Sungai Pepe. 

Jembatan yang dibangun dengan tipe struktur gelagar ini mempunyai panjang yang bervariatif, mulai dari panjang 35 meter pada jembatan Kali Kiringan hingga yang terpanjang 879 meter pada jembatan Lemah Ireng I. Sedangkan lebar jembatan tersebut mulai dari 23,6 meter hingga 24,2 meter.

Direktur Utama PT TMJ, Denny Chandra Irawan, mengatakan metode perawatan pada jembatan yang dilakukan secara rutin agar jembatan lebih awet dan tahan lama. 

Jembatan di ruas jalan Tol Semarang-Solo dirancang untuk mampu menahan beban maksimal seberat 70 ton dengan umur rencana hingga usia 100 tahun. 

“Selama ini selalu dilakukan inspeksi jembatan secara rutin yang dilakukan oleh inspektor lapangan secara visual dan menggunakan metode Unmmaned Aerial Vehicle (UAV) atau Drone,” kata Denny dalam siaran pers, Selasa (29/6/2021).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: