25 Jembatan Membentang di Ruas Jalan Tol Semarang-Solo, Begini Perawatannya

Ahmad Antoni ยท Rabu, 30 Juni 2021 - 07:14:00 WIB
25 Jembatan Membentang di Ruas Jalan Tol Semarang-Solo, Begini Perawatannya
Salah satu jembatan di ruas jalan Tol Semarang-Solo. (foto: Istimewa)

“Jika ditemukan kondisi jembatan dengan performa yang menurun, maka perbaikan segera dilaksanakan untuk mempertahankan Level of Service jembatan," katanya.

Perbaikan pada jembatan dikelompokan menjadi tiga berdasarkan kondisinya, mulai dari perbaikan rutin seperti penambalan retak, perbaikan lubang dan  perawatan sambungan jembatan.  Kemudian perbaikan berkala, yaitu penggantian bearing pad, penggantian expansion joint, dan yang terakhir adalah perbaikan khusus. 

Perbaikan khusus dilaksanakan bila ditemukan kerusakan yang dapat mempengaruhi integritas struktur jembatan dan berdampak pada keselamatan pengguna jalan seperti terjadi longsor pada tebing lereng di sekitar pondasi jembatan, maupun penurunan pergerakan pada pondasi jembatan.

Pakar Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan manfaat infrastruktur yang kuat untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara. 

“Perlu dicermati, bahwa kualitas jalan dan jembatan harus tetap dipertahankan. Tidak hanya sebagai pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) Badan Usaha Jalan Tol, namun lebih kepada menjaga faktor keselamatan dan kenyamanan bagi pengguna jalan”, kata Djoko. 

“Di sisi lain, disiplin dalam berkendara juga harus diperhatikan. Bagi para pengendara truk bermuatan, lebih harus mengindahkan kaidah-kaidah yang berlaku terkait beban demi kepentingan bersama. Selain itu, bisa dimungkinkan untuk pemberian tarif khusus bagi transportasi umum dan truk yang tidak Overload dan Over Dimension (ODOL),” ujarnya.
 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: