3 Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas

Kastolani ยท Senin, 16 Desember 2019 - 05:36 WIB
3 Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas
Surat Al Ikhlas memiliki banyak keutamaan. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Surat Al Ikhlas, Kitab Suci Alquran merupakan mukijzat yang diterima Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT. Selain sebagai petunjuk hidup bagi umat manusia, Alquran juga merupakan obat hati bagi yang membaca dan mengamalkannya.

Dalam Alquran, ada beberapa surat istimewa. Salah satunya Al Ikhlas yang artinya Memurnikan Keesaan Allah SWT. Surat ini termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah.

Dalam kitab tafsir Ibnu Katsir sebagaimana dikutip dari quranpustaka, dari Jabir ra mengatakan bahwa pernah ada seorang Badui datang kepada Nabi Saw, lalu bertanya:

"Gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." Maka turunlah firman Allah Swt.: Katakanlah, "Dialah Allah Yang Maha Esa.”(Al-lkhlas: 1), hingga akhir surat. Sanad hadis ini mutaqarib (berdekatan). 

Sebagian ulama menganjurkan umat Islam untuk membaca surat Al Ikhlas ini baik dalam setiap salat maupun untuk berzikir karena banyak memiliki keutamaan.  

Berikut keutamaan Surat Al Ikhlas:

1. Disayang Allah

Imam Bukhari mengatakan bahwa Aisyah r.a., bahwa Nabi Saw mengangkat seorang lelaki sebagai pemimpin suatu pasukan khusus untuk suatu tugas. Dan lelaki itu menjadi imam salat dari para sahabatnya dan ia selalu mengakhiri bacaan salatnya dengan surat Al-Ikhlas.

Setelah pasukan khusus itu pulang, mereka menceritakan hal itu kepada Nabi Saw., maka Nabi Saw. bersabda, "Tanyakanlah kepadanya, mengapa dia melakukan hal itu," lalu mereka bertanya kepadanya, dan ia menjawab, "Karena di dalamnya disebutkan sifat Tuhan Yang Maha Pemurah, dan aku suka membacakannya dalam salatku." Setelah hal itu disampaikan kepada Nabi Saw., maka beliau Saw.bersabda:

“Akhbiruuhu annallaha ta'ala yuhibbuhu”.

Artinya: Sampaikanlah kepadanya, bahwa Allah menyukainya.

Ulama muda KH Bahauddin Nursalim dalam kajiannya tentang Surat Al Ikhlas mengatakan, keutamaan orang yang membaca surat tersebut akan dicintai oleh Allah Ta’ala.

“Dulu ada sahabat Nabi SAW yang hampir tiap mengimami salat selalu membaca Al Ikhlas selepas baca Alkhamdu (Fatikhah). Lalu, para sahabat bertanya kepada Nabi. Kenapa si Fulan selalu baca Al Ikhlas. Nabi SAW berkata: Allah sangat menyukainya,” kata Gus Baha.

2. Jalan Masuk Surga

Imam Turmuzi mengatakan bahwa Mubarak ibnu Fudalah telah meriwayatkan dari Sabit, dari Anas, bahwa pernah ada seorang lelaki berkata: "Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku menyukai surat Qul Huwallahu Ahad (surat) Al-Ikhlas." Maka Rasulullah Saw. bersabda: Kesukaanmu kepadanya dapat memasukkanmu ke dalam surga.

3. Sepertiga Alquran

Membaca Surat Al Ikhlas seperti telah membaca sepertiga Alquran. Sebab, di dalamnya mengandung banyak kekuasaan dan keesaan Allah.

Imam Bukhori juga meriwayatkan bahwa surat Al-Ikhlas sebanding dengan sepertiga Alquran. Nabi Saw bersabda:

“Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya surat Al-lkhlas itu benar-benar sebanding dengan sepertiga Alquran”.

Karena itu, sudah seharusnya umat Islam rutin membaca Surat Al Ikhlas agar dimudahkan jalannya menggapai pintu surga dan disayang Allah SWT.

Wallahu A’lam Bishshawab.


Editor : Kastolani Marzuki