3 Pejabat Positif Covid-19, Pemkot Semarang Gencar Swab Test

Taufik Budi ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 03:02 WIB
3 Pejabat Positif Covid-19, Pemkot Semarang Gencar Swab Test
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Foto: Antara)

SEMARANG, iNews.id – Tiga pejabat Pemkot Semarang dinyatakan positif terkonfirmasi virus corona (Covid-19). Mereka adalah kepala dinas, camat, dan sekretaris kecamatan (sekcam). Saat ini, ketiga pejabat itu menjalani karantina untuk mengembalikan kondisi kesehatannya.

“Teman kami hari ini ada 3 terkena positif (Covid-19). Jadi 1 kepala dinas, 1 camat, 1 sekcam yang kami sedang telusuri di keluarganya termasuk lingkup kerja, apakah mereka aman atau mata rantainya masih sangat panjang,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Selasa (6/5/2020).

Dia mengaku terus memantau kondisi kesehatan ketiga pejabat tersebut. Termasuk memastikan mendapatkan pelayanan medis agar kondisinya segera pulih. Belum diketahui pasti, awal mula penularan Covid-19 terhadap mereka.

“Kepala dinas, camat, sekcam sampai hari ini komunikasi dengan saya, mereka sehat tapi mereka positif. Dan itu juga salah satu keluarganya sudah ada yang terkena. Maka inilah yang dinamakan OTG (orang tanpa gejala),” ungkapnya.

Ketiga pejabat yang tak disebutkan identitasnya itu menjalani perawatan di tempat berbeda. Ada yang memilih karantina di rumah, namun ada pula menginginkan di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan medis lebih optimal.

“Tapi terus motivasi untuk dia karantina. Dia memilih karantina di rumah dan 1 memilih karantina di rumah sakit. Mudah-mudahan kawan-kawan kita ini cepat sembuh dan bisa melaksanakan aktivitas kembali,” ujarnya.

Terkait kejadian itu, kata Hendi, Pemkot Semarang gencar melakukan tes swab. “Hari ini kita lakukan tes swab kepada pejabat eselon 2 dan 3, hari ini 250 reagen,” katanya.

Menurutnya, pemeriksaan swab kepada para pejabat untuk menjamin kesehatan mereka yang telah bekerja melayani masyarakat. Dia pun berharap, jika tedapat abdi negara yang terdeteksi Covid-19 akan langsung ditangani dan mendapatkan pelayanan medis terbaik.

“Kita berinteraksi bekerja untuk masyarakat kemudian ada 1, 2 yang infonya positif. Maka kami berharap yang lainnya bisa segera terdeteksi,” ucapnya.

Hendi menambahkan, tes swab juga akan terus digencarkan ke sejumlah tempat yang berpotensi menjadi penyebaran Covid-19. Terlebih, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Semarang terus meningkat hingga menjadi 131 pasien.

“Kita akan lebih masifkan lagi patrol-patroli di tingkat kelurahan, kecamatan, dan kota. Termasuk tes acak untuk melakukan swab,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki