4 Provinsi Ini Terdampak Siklon Tropis Seroja, Jateng Harap Waspada

Antara, Binti Mufarida ยท Jumat, 09 April 2021 - 06:25:00 WIB
4 Provinsi Ini Terdampak  Siklon Tropis Seroja, Jateng Harap Waspada
Petugas BMKG mengamati pergerakan Siklon Topis Seroja melalui citra satelit Himawari di Stasiun Klimatologi BMKG Karangploso, Malang, Jawa Timur. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak empat provinsi di Indonesia berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.  Kondisi alam itu sebagai dampak adanya Siklon Tropis Seroja yang diprediksi mengalami peningkatan dalam 24 jam ke depan.

Informasi tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Adapun ke empat wilayah itu meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain hujan lebat, gelombang setinggi 2.5 - 4.0 meter berpeluang terjadi di Perairan selatan Jawa, Samudera Hindia selatan Bali hingga Nusa Tenggara Timur. Kemudian tinggi Gelombang 4.0 - 6.0 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia selatan Jawa.

"Empat provinsi tersebut berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang, sebagai dampak dari adanya Siklon Tropis Seroja yang diprediksi mengalami peningkatan dalam 24 jam ke depan," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021) .

Berdasarkan analisa BMKG pada Kamis (8/4) pukul 07.00 WIB, posisi Siklon Tropis Seroja telah berada di Samudera Hindia sebelah selatan Bali atau 16.3 LS, 112.6 BT, atau sekitar 890 kilometer sebelah selatan-barat daya Denpasar.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2