7 Klaster Penyebaran Covid-19 di Jateng yang Menonjol, ASN Pemprov Masuk Daftar

Nani Suherni ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 14:49 WIB
7 Klaster Penyebaran Covid-19 di Jateng yang Menonjol, ASN Pemprov Masuk Daftar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyimak pengarahan Presiden Jokowi terkait penanganan Covid -19, Selasa (30/6/2020). (Foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencatat ada tujuh klaster penyebaran Covid-19 di yang menonjol di wilayahnya. Salah satunya yakni klaster aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jateng.

Dalam tabel yang diperlihatkan Ganjar kepada Presiden Joko Widodo, terlihat ada klaster ASN Pemprov, pegawai PLTU, pasar tradisional, panti lansi, tenaga kesehatan, Ijtima Ulama dan Temboro. Ganjar menjelaskan, klaster ASN pemprov ini awalnya salah satu keluarganya positif dan menyebarkan ke semua.

"ASN pemprov ini dimulainya dari keluarganya bertemu karena yang keluarganya ini positif dan mereka membawa ke teman-teman sekitarnya," ucap Ganjar memaparkan kepada Jokowi di gedung Gradhika Bakti Praja, Semarang, Selasa (30/6/2020).

Data klaster penyebaran Covid-19 di Jateng yang menonjol
Data klaster penyebaran Covid-19 di Jateng yang menonjol

Ganjar mengatakan klaster-klaster baru bermunculan setelah adanya tracing dan juga masifnya rapid test ataupun polymerase chain reaction (PCR). Khusus pemeriksaan di Semarang ungkap Ganjar sudah melebihi target.

Dia juga menuturkan, ada satu klaster yang tidak menonjol yakni klaster polres di Rembang. Namun dia sudah berkoordinasi dengan Polda Jateng untuk mengisolasi. Sementara yang masih terus dikoordinasikan lebih lanjut yakni klaster Ijtima Ulama dan Temboro.

"Yang selalu kami komunikasikan itu yang klaster Ijtima Ulama dan yang Temboro di semua tempat itu semua ada," katanya.


Editor : Nani Suherni