Angin Puting Beliung Disertai Hujan Deras Terjang Pemalang, Belasan Rumah Rusak

Suryono ยท Minggu, 24 November 2019 - 21:01 WIB
Angin Puting Beliung Disertai Hujan Deras Terjang Pemalang, Belasan Rumah Rusak
Rumah warga di Desa Beluk, Kecamatan Belik, Pemalang rusak disapu angin puting beliung disertai hujan deras, Minggu (24/11/2019) sore. (Foto: iNews/Suryono)

PEMALANG, iNews.id - Angin puting beliung kembali menerjang Desa Beluk, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (24/11/2019) sore. Bencana itu mengakibatkan sebanyak 11 rumah rusak parah, satu di antaranya sebuah sekolah taman kanak-kanak.

Selain itu, puluhan warga terpaksa mengungsi ke rumah tetangga dan saudaranya karena tempat tinggal mereka rusak diterjang bencana.

BACA JUGA: Hujan Badai Terjang Pemalang, Puluhan Rumah Rusak Parah dan Roboh

Warga Beluk, Sarto menuturkan, bencana itu berlangsung sangat cepat. Awalnya, awan gelap menaungi desa mereka dan tidak berselang lama turun hujan deras disertai angin berputar-putar menyapu seluruh rumah dan menerbangkan atap-atap rumah warga.

Jawoh ageng kalian angin niku kados muter kenceng. (Hujan besar sama angin muter-muter kenceng sekali),” katanya.

Kapolsek Belik, Iptu Trino Winarno mengatakan, jajaranya dan anggota TNI, serta tim relawan langsung turun ke lokasi bencana. Mereka langsung membantu mengamankan barang milik warga yang menjadi  korban angin kencang ini.

“Kami beserta relawan membantu warga yang terkena bencana angin puting beliung ini. Dari hasil pendataan sementara ada 11 bangunan terdiri atas 10 rumah warga dan satu sekolahan,” katanya.

Sementara itu, warga yang rumahny rusak parah diungsikan ke rumah tetangga dan sanak saudaranya sambil menunggu perbaikan rumah selesai.

BACA JUGA: Puting Beliung Sapu Pemalang, 50 Rumah Ambruk dan 159 Rusak Parah

Korban bencana, Imamul Mutakin berharap pemerintah daerah segera turun tangan membantu korban bencana angin puting beliung.

“Banyak material bangunan yang berterbangan kena angin kencang, sehingga warga juga kesulitan untuk kembali mmeperbaiki rumahnya,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki