Puting Beliung Sapu Pemalang, 50 Rumah Ambruk dan 159 Rusak Parah

Suryono Sukarno ยท Senin, 01 Januari 2018 - 11:04:00 WIB
Puting Beliung Sapu Pemalang, 50 Rumah Ambruk dan 159 Rusak Parah
Tim SAR gabungan bergotong royong mengevakuasi dan memperbaiki rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Bojongnangka Pemalang. (Foto: iNews.id/Suryono)

PEMALANG, iNews.id – Puluhan rumah warga ambruk dan ratusan rumah lainnya mengalami rusak parah setelah diterjang angin puting beliung yang melanda Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Jawa Tengah.

Bencana yang terjadi pada Minggu (31/12/2017) petang itu juga memaksa ratusan warga mengungsi karena rumahnya tidak bisa ditempati akibat rusak diterjang angin puting beliung.

Selain merobohkan puluhan rumah dan merusak ratusan rumah lainnya, bencana itu juga melukai belasan warga akibat tertimpa reruntuhan genteng. Mereka sempat mendapat rawat jalan di RSUD dokter Asahari Pemalang. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang Wismo mengungkapkan bencana itu mengakibatkan 159 rumah warga rusak parah, 50 rumah ambruk dan jebol, serta 14 orang terluka karena tertimpa reruntuhan atap. “Belasan warga yang luka itu sudah mendapat pertolongan medis di rumah sakit, dua di antaranya masih dirawat,” katanya, Senin (01/01/2018).



Salah seorang warga, Susro mengaku panik dan shock melihat bencana yang sangat dahyat itu. Dia bahkan sempat terbawa angin saat hendak berlindung. Menurut dia, bencana itu berlangsung sangat singkat. “Awalnya, langit sangat gelap. Setelah itu, muncul angin yang sangat kenceng dan bergulung-gulung,” kata Susro, Senin (01/01/2018).

Warga lainnya, Winarni mengaku sementara harus mengungsi ke rumah orang tua karena tempat tinggal satu-satunya sudah roboh disapu angin puting beliung. “Kebetulan saat kejadian saya tidak di rumah. Saya lagi di luar. Sementara ngungsi dulu ke rumah orang tua karena rumah saya ambruk,” ucapnya.

Dahsyatnya angin puting beliung tersebut terekam dari video amatir warga. Angin tersebut memorak porandakan rumah dan meruntuhkan bangunan, serta menerbangkan atap rumah, genteng dan kayu.

Hingga saat ini, tim SAR gabungan terdiri atas anggota Polres Pemalang, TNI dan relawan masih bekerja bakti memperbaiki rumah warga yang rusak. Mereka juga mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan logistik puluhan pengungsi.

Warga dan tim SAR gabungan memperbaiki rumah warga yang rusak diterjang puting beliung. (Foto: iNews.id)


Editor : Kastolani Marzuki