Bangkit dari Pandemi, Begini Geliat Pementasan Kesenian Tradisional di Brebes

Ahmad Antoni ยท Minggu, 22 Mei 2022 - 11:59:00 WIB
Bangkit dari Pandemi, Begini Geliat Pementasan Kesenian Tradisional di Brebes
Sejumlah narasumber saat berbicara dalam dialog Laras Budaya di pelataran TPI Desa Prapag Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes. (IST)

BREBES, iNews.id Kesenian tradisional di Brebes, Jawa Tengah, mulai bangkit setelah dua tahun nyaris punah akibat pandemi Covid-19. Kebangkitan itu ditandai dengan gelaran pertunjukan akbar di pelataran TPI Desa Prapag Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

Para pelaku seni menampilkan seni tari burok, tari topeng, kuda lumping, tari laskar dan barongsai berasal dari Losari. Hal itu tak lepas kebijakan pelonggaran pembatasan kegiatan seiring melandainya kasus Covid-19. Selain pementasan seni tradisional, juga digelar dialog Laras Budaya.

Anggota Komisi E DPRD Jateng dr Messy Widiastuti MARS mengatakan, DPRD Jateng sangat peduli terhadap kesenian tradisional daerah.

“Kami terus turun ke lapangan dengan melakukan kunjungan ke daerah pemilihan (Kudapil), sebagai upaya untuk mendorong kegiatan para seniman terus berkreasi, sekaligus melestarikan kesenian tradisisional sebagai warisan leluhur,” kata Messy, Sabtu (21/5/2022).

Menurutnya, seni tari tradisional daerah, seperti tari burok yang berasal dari Kabupaten Brebes harus dilestarikan karena seni tari ini nyaris punah, akibat derasnya kesenian modernisasi yang merebak di kalangan anak muda.

Cukup memprihatin, lanjutnya, dengan kondisi berkebudayaan dan berkesenian yang kian digempur modernisasi itu, sehingga DPRD Jateng berupaya ikut mendorong para seniman bisa tetap mempertahankan, sekaligus untuk melestarikan seni tari tradisional daerah

Selain itu, tutur dr Messy, DPRD Jateng juga berupaya untuk ikut melestarikan dengan mengajak semua pihak, terutama kalangan generasi muda untuk terus ‘nguri-uri’ kesenian tradisional dan menjaga kelestarian budaya daerah.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: