Begini Perjuangan Anak Tukang Las Dapat Beasiswa, Sempat Kesulitan Tes Membuat Aplikasi

Ahmad Antoni ยท Rabu, 28 Juli 2021 - 18:57:00 WIB
Begini Perjuangan Anak Tukang Las Dapat Beasiswa, Sempat Kesulitan Tes Membuat Aplikasi
Foto Zetta Septian Nugroho Adhi bersama keluarga. (foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id – Zetta Septian Nugroho Adhi, remaja asal Kota Semarang yang jago IT butuh perjuangan keras untuk mendapatkan beasiswa. Meski sudah berpenghasilan dan mampu membantu dagangan orang tua, biaya kuliah bukanlah angka yang sedikit. 

Zetta, begitu ia akrab disapa, mengatakan pada waktu sampai akhir kelas 3 SMK, sudah merasa tak punya harapan untuk berkuliah. Karena tabungannya yang dirasa belum cukup jika harus membiayai kuliah sendiri.

“Kuliah itu kan harus merantau, harus bayar kuliah, tidak sedikit. Bayangan saya, lulus ya cari kerja dulu,” kata Zetta merefleksikan kegalauan tidak bisa kuliah seperti teman-temannya, Rabu (28/7/2021).

Rasa pesimis itu seakan sirna ketika suatu saat menemukan informasi tentang beasiswa Semesta. Informasi ini pun dia temukan secara tak sengaja, ketika rebahan dan tidak melakukan aktivitas apa pun, informasi beasiswa Semesta dia temukan melalui media sosial Instagram.

Langsung saja Zetta mendaftar beasiswa ini. Segala berkas dilengkapi dengan segera dalam satu hari saja. Inilah semangat Zetta untuk meraih cita citanya. 

“Saya memang tak sengaja menemukan info beasiswa Semesta ini. Awalnya saya hanya menemukannya lewat Instagram. Yah meski pun saya sempat pesimis karena takut nggak bisa mendaftar,” kata Zetta.

“Tapi ternyata kesempatan masih berpihak kepada saya. Yah, meskipun sangat mepet, saya pagi isi data, sore terima Surat Keterangan Lulus dari sekolah, hari itu juga deadline pendaftaran,” ujarnya.

Saat proses seleksi tersebut, dirinya sempat tak percaya diri. Dia mengalami kesulitan saat tahap tes Hackathon (perlombaan membuat aplikasi dalam waktu singkat - seperti Marathon tapi untuk pemrograman). 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3