Berikut Deretan Juara Tontowi Ahmad, Jawara Bulu Tangkis asal Banyumas

Arif Budiwinarto ยท Senin, 18 Mei 2020 - 13:15 WIB
Berikut Deretan Juara Tontowi Ahmad, Jawara Bulu Tangkis asal Banyumas
Tontowi Ahmad (depan) berduet dengan Winny Oktavina Kandow pada Malaysia Open 2019. (Foto: PBSI)

JAKARTA, iNews.id - Pemain ganda campuran, Tontowi Ahmad memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis yang telah membesarkan namanya. Keputusan itu diumumkan melalui akun Instagram pribadinya, Senin (18/5/2020).

Merupakan putra daerah dari Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), Tontowi memulai kariernya sebagai pebulu tangkis profesional saat bergabung dengan PB Djarum Kudus pada 2005. Setelah menjajal beberapa turnamen, dia mendapatkan pasangan senior yakni Liliyana Natsir.

Tontowi Ahmad memutuskan pensiun sebagai pebulutangkis. Selagi aktif bermain, Tontowi banyak mengukir prestasi mentereng. Apa saja?

Owi, sapaan akrab Tontowi, mengumumkan gantung raket lewat unggahan di akun media sosial Instagram miliknya, Senin (18/5/2020) pagi WIB. Dia memasang foto dirinya tengah mengucap salam perpisahan ke penonton di tribune.

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna. Kadang susah, kadang senang, tapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai ,dimana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orangtua juga keluarga harapkan," demikian caption @tontowiahmad.

Sebelum pensiun di usia 32 tahun, Owi memulai karier bulutangkis profesional ketikan bergabung dengan PB Djarum pada 2005. Puncak karier Owi diraih sejak berpasangan dengan Liliyana Natsir pada 2010.

Raihan terbaik Owi dan Butet, sapaan akrab Liliyana, adalah medali emas Olimpiade 2016 Rio. Saat itu, mereka merupakan satu-satunya atlet Indonesia yang mampu membawa pulang kepingan emas.

Selain itu, Owi/Butet pernah meraih dua medali emas di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkas masing-masing di tahun 2013 dan 2017. Mereka juga jadi yang terbaik di Kejuaraan Dunia Asia 2015.

Pasangan ganda campuran legendaris Indonesia itu tercatat pernang menyabet 16 gelar juara BWF Super Series. Pada 2012, mereka mengakhiri puasa gelar pebulutangkis Indonesia di ajang All England selama 33 tahun.

Setelahnya, Owi/Butet menyempurnakan tiga gelar juara All England di dua tahun berikutnya. Keduanya juga tercatat pernah naik podium tertinggi di 10 ajang BWF Grand Prix.

Terima kasih Owi, selamat beristirahat!

Daftar Prestasi Tontowi Ahmad

- Emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017
- Emas Ganda Campuran Bulutangkis Olimpiade 2016
- Emas Kejuaraan Bulutangkis Asia 2015
- Emas Kejuaraan Dunia Bulitangkis 2013
- Emas Ganda Campuran SEA Games 2011
- Emas Beregu Putra Bulutangkis SEA Games 2011
- 16 Gelar Juara BWF Series
- 10 Gelar Juara BWF Grand Prix


Editor : Nani Suherni