Berinovasi Buat Alat Roasting Kopi Elektrik, Difabel Asal Kendal Untung Jutaan Rupiah

Eddie Prayitno · Rabu, 18 Agustus 2021 - 11:21:00 WIB
Berinovasi Buat Alat Roasting Kopi Elektrik, Difabel Asal Kendal Untung Jutaan Rupiah
Alat roasting kopi elektrik yang dibuat Sugeng, difabel asal Dusun Mijen, Desa Merbuh, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal. Foto: iNews/Eddie Prayitno.

KENDAL, iNews.id - Keterbatasan fisik tidak menghalangi untuk berkarya di tengah situasi pandemi Covid-19. Seorang pria difabel di Kabupaten Kendal  yang memiliki bisnis penyewaan sound system, kini berinovasi membuat alat roasting kopi elektrik yang mendatangkan untung jutaan rupiah.

Sugeng (44) difabel asal Dusun Mijen, Desa Merbuh, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal tidak mau menyerah dengan kondisi pandemi. Dia berusaha memutar otak agar bisa bertahan setelah usaha pembuatan gitar dan sound system yang digelutinya terdampak pandemi Covid-19. 

Sejak hampir setahun, dirinya nyaris tidak mendapatkan pesanan. Sempat mencoba membuat kendaraan roda tiga khusus untuk kaum difabel, namun juga ikut terdampak karena jarang pesanan. Ia melihat peluang ketika banyak bermunculan kedai kopi di wilayah Kendal dan sekitarnya. 

Sugeng mulai mengolah barang tidak terpakai untuk dijadikan alat roasting biji kopi. Bahan yang digunakan yakni tabung gas yang ujungnya dipotong dan sudah dibersihkan. Bagian dalam tabung diberi beberapa penyekat dari plat supaya biji kopi green bean yang dimasak bisa rata matangnya.  

Tabung lalu diberi penutup yang tengahnya dilubangi, dan diberi pipa. Fungsinya untuk memasukkan green bean dan mengeluarkan kopi jika telah masak. Setelah tabung jadi, Sugeng membuatkan tempat duduknya. Di bawah dudukan tersebut, ketinggiannya disesuaikan dengan kompor gas untuk membakar tabung yang berisi kopi. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: