Bupati Karanganyar Marahi Pegawai Dishub gegara Tak Bisa Jelaskan Aplikasi KIR

Bramantyo · Senin, 19 September 2022 - 14:46:00 WIB
Bupati Karanganyar Marahi Pegawai Dishub gegara Tak Bisa Jelaskan Aplikasi KIR
Bupati Juliyatmono Ngamuk saat pegawai Dishub Karanganyar tak bisa menjelaskan sistem kerja aplikasi anjungan KIR (Bramantyo)

Aplikasi itu menyelesaikan perkoro, permasalahan. Namanya online itu bisa mendaftar dari rumah. Datang ke sini sudah bisa teratasi. Kalau kayak gini ini (Sambil menunjukkan kertas dari mesin baru di Dishub) bisa menimbulkan masalah baru kalau tidak bisa mengatasi.” Kata Juliyatmono.

“Tentu saja orang yang sudah mengantri lama akan emosi karena merasa ditabrak orang yang baru datang. Padahal orang yang baru daftar itu sudah daftar pertama," ujarnya. 

Sementara itu Kasi Pengujian Sarana Dishub Haryanto mengatakan pihaknya sudah memiliki mekanisme sistem untuk menjawab apa yang dipersoalkan Bupati itu. Caranya, pihaknya tetap melayani masyarakat yang sudah mengantre terlebih dahulu. 

Namun, bila warga masyarakat yang sudah datang sejak pagi dan mendaftar lewat sitem antrian yang terpasang di loket antrian datang, maka untuk sementara pelayanan dialihkan untuk melayani wajib pajak yang sudah mengantri nomer urut lewat aplikasi baru tersebut.

Sistem Bantuan Non Tunai Kendaraan Bermotor (SiBANTER) yang mulai diterapkan di kantor Dishub merupakan sebuah inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui Anjungan Mandiri. 

Aplikasi ini seperti ATM yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan layanan uji kendaraan berupa pendaftaran penambahan, uji baru, mutasi masuk, numpang uji, bukti lulus uji rusak, rekom mutasi keluar dan rekom numpang uji. Termasuk Pengecekan pendaftaran dan kendaraan.  

Dengan adanya Anjungan mandiri SiBANTER ini maka pemohon tidak perlu lagi mengantre di loket pendaftaran, pemohon uji kendaraan bisa mendaftar langsung tanpa harus menunggu loket pendaftaran dibuka.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: