Cerita Inspiratif UMKM Hidroponik Tegal, Bisa Santuni Yatim dan Gandeng Pemuda jadi Petani

Ahmad Antoni ยท Minggu, 21 Agustus 2022 - 16:16:00 WIB
Cerita Inspiratif UMKM Hidroponik Tegal, Bisa Santuni Yatim dan Gandeng Pemuda jadi Petani
Pemilik UMKM tanaman Bojong Hidroponik, M Firmansyah di tempat greenhouse-nya di kaki Gunung Slamet, Jalan H Sulaiman RT 06 RW 01, Desa/Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. (Ist)

Dia memanfaatkan tempatnya menjadi kedai kopi, yang sekaligus menjadi tempatnya berbagi informasi tentang pertanian ke para petani muda tersebut. 

"Lumayan banyak untuk pemuda ada 5-25 orang. Seperti komunitas sekarang. Jadi bisa dibilang 5-25 orang. Kita saling sharing, saling kontribusi tentang stok saat kosong bisa supply  kolaborasi mempertahankan usaha. Kita tukar ide dan inovasi agar usaha berkembang dengan baik," katanya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, usahanya juga mendapatkan banyak pesanan terutama untuk pembuatan jasa pembuatan instalasi untuk pertanian hidroponik. Adapun untuk pemasaran, produknya juga berhasil menembus pasar modern seperti mal di Kota Tegal.

"Alhamdulillah kita sudah masuk ke supermarket, salah satunya di Ritamall (Rita Super Mall) Tegal dan agen-agen kebab, karena kebanyakan sayur selada ataupun sayur lain konsumennya kebanyakan agen atau pengusaha kebab," ujar Firman.

Dia menilai,  usai direpost Lapak Ganjar memang terjadi perkembangan pada penjualannya. Masyarakat banyak yang bertanya, dan memesan produknya melalui nomor teleponnya yang disertakan saat mengunggah foto produk di Lapak Ganjar. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: