Cerita Inspiratif UMKM Hidroponik Tegal, Bisa Santuni Yatim dan Gandeng Pemuda jadi Petani

Ahmad Antoni ยท Minggu, 21 Agustus 2022 - 16:16:00 WIB
Cerita Inspiratif UMKM Hidroponik Tegal, Bisa Santuni Yatim dan Gandeng Pemuda jadi Petani
Pemilik UMKM tanaman Bojong Hidroponik, M Firmansyah di tempat greenhouse-nya di kaki Gunung Slamet, Jalan H Sulaiman RT 06 RW 01, Desa/Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. (Ist)

"Orang-orang pada tahu akhirnya. Orang-orang menghubungi nomor saya. Jadi ada peningkatan setelah ada mention (Lapak Ganjar) tersebut. Pasang surut gitu lho tidak kontinyu. Setelah di-mention semakin percaya semakin optimistis untuk terus berkarya dan berusaha," ujarnya. 

Dampaknya adalah, usahanya makin berkembang. Sehingga, dia bisa mendapatkan pemasukan yang lebih baik. Dia pun bisa memanfaatkan pendapatannya untuk beberapa kegiatan sosial. 

“Setelah ikut Lapak Ganjar, kita bisa ngembangkan usaha sehingga kita bisa donatur di kegiatan sosial. Kita memberikan santunan kepada yatim, saya juga founder pegiat anak muda, namanya Pemuda Sampah. Kita kumpulkan anak muda, bisa menjadi pemuda milienial berguna,” katanya.

Manfaat lainnya adalah, dia bisa melunasi utang usahanya, serta bisa mengembangkan usahanya seperti berupa pembuatan produk herbal yang saat ini dalam proses. Sekilas usaha ini, terangnya, Bojong Hidroponik adalah usaha yang bergelut di bidang pertanian, edukasi pertanian dan jasa pembuatan instalasi pertanian yang berdiri sejak lima tahun lalu.

“Produknya saya seperti sayur selada, pakcoy, sayur caisim atau sawi hijau dan lain sebagainya. Intinya saya produksi di bidang pertanian holtikultura,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: