Cerita Salamah, Kader Kesehatan yang Mengabdi selama 35 Tahun Bikin Ganjar Terharu

Ahmad Antoni ยท Rabu, 16 November 2022 - 08:48:00 WIB
Cerita Salamah, Kader Kesehatan yang Mengabdi selama 35 Tahun Bikin Ganjar Terharu
Salamah berdialog dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau program penanganan stunting di Puskesmas Kebumen II. (Ist)

KEBUMEN, iNews.id - Suasana Puskesmas Kebumen II yang tenang mendadak ramai karena kedatangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (15/11/2022). Saat meninjau program penanganan stunting, Ganjar bertemu Salamah.

Salamah bukan seorang ibu rumah tangga biasa, tapi merupakan kader kesehatan di Desa Kalirejo, Kecamatan/Kabupaten Kebumen dan telah mengabdi sejak tahun 1987.

Ganjar langsung mengetes pengalaman Salamah yang mengaku jadi kader sejak belum menikah itu. Mantan anggota DPR itu bahkan sempat praktik jadi keluarga ibu hamil berisiko.

“Bu Salamah itu keren, saya itu setiap masuk ke kampung pasti nemu saja. Apresiasi saya sama bu Salamah itu satu, sejak 1987 menjadi kader kesehatan tidak pernah putus“ kata Ganjar usai kegiatan.

Di depan Ganjar, Salamah mampu menjabarkan dengan lugas apa saja yang menjadi tugasnya sebagai kader kesehatan di desa. Selain menyuluh ibu hamil, Salamah juga rutin mengecek kesehatan mereka.

“Maka sebenarnya talenta yang dimiliki dengan keikhlasan hati sebagai seorang volunter relawan menurut saya hebat.

Dia juga mengatakan, kader kesehatan seperti Salamah ini contoh yang baik. Sebagak kader, kata Ganjar, seseorang harus punya refleks atau respons cepat ketika ditanya penanganan kasus atau data di wilayah kerjanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: