Cerita Sukses Kampung Durian Cilacap, Jalan yang Dulunya Aspal Rusak Kini Beton Mulus

Ahmad Antoni · Senin, 08 Agustus 2022 - 20:47:00 WIB
Cerita Sukses Kampung Durian Cilacap, Jalan yang Dulunya Aspal Rusak Kini Beton Mulus
Penampakan udara jalan penghubung empat desa di Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap yang diresmikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Ist)

CILACAP, iNews.id - Masih ingat jalan penghubung empat desa di Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap yang diresmikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Oktober 2019 lalu? Jalan beton sepanjang 8 kilometer itu kini telah berbeton dan mulus hingga mendongkrak perekonomian warga.

Jalan yang melintasi Desa Pesanggrahan, Desa Karang Jengkol, Desa Keleng dan Desa Ciwuni tersebut dibangun dari dana gotong royong. Yakni anggaran Bantuan Gubernur Rp7 miliar, anggaran Pemerintah Pusat Rp5 miliar dan Pemerintah Kabupaten Rp4 miliar.

Kepala Desa Pesanggrahan, Tugiman menuturkan bahwa betonisasi jalan tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Bahkan, saat ini pihaknya tengah merintis objek wisata Kampung Durian.

“Dampaknya di perekonomian sangat meningkat. Dan, kita sedang membangun Kampung Durian, Wisata Kampung Durian karena akses jalan sudah baik, akses mudah dan nyaman,” ujarnya, Senin (8/8/2022)

Kampung Durian sendiri merupakan edukasi wisata terutama di bidang budi daya durian dan palawija yang lain. Nantinya, bagi wisatawan selain dapat belajar budi daya tanaman, juga dapat menikmati buahnya.“Ini sedang kita rintis. Ya di lokasi kita tanami durian dan ada gazebo-gazebo,” lanjutnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: