Commuterline Yogyakarta-Solo Dorong Perekonomian Daerah, Ini Datanya

Ary Wahyu Wibowo · Sabtu, 01 Oktober 2022 - 13:39:00 WIB
Commuterline Yogyakarta-Solo Dorong Perekonomian Daerah, Ini Datanya
Ilustrasi – Warga saat memanfaatkan perjalanan commuterline Yogyakarta-Solo. Foto: Ist.

SOLO, iNews.id - KAI Commuter telah satu tahun lebih melayani perjalanan commuterline Yogyakarta-Solo. Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2021, KAI Commuter turut berkontribusi untuk perekonomian di daerah yang terhubung dengan commuterline. 

“Data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam pembahasan Kota Yogyakarta, Kota Solo dan Kabupaten Klaten dalam angka 2022, tercatat ada kenaikan perekonomian pada tahun 2021 dibanding tahun 2020,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Sabtu (1/10/2022). 

Transportasi memberikan nilai tambah terhadap kenaikan perekonomian dengan adanya kemudahan aksesibilitas dalam bermobilisasi. Di Kota Yogyakarta kenaikan perekonomian sebesar 7,44 persen. Sedangkan di Kota Solo 5,77 persen dan Kabupaten Klaten  5,88 persen.

Penggunaan transportasi Commuterline Yogyakarta-Solo telah mengubah budaya masyarakat dalam melakukan transaksi nontunai. KAI Commuter sejak awal menerapkan seluruh transaksi pembayaran tiketnya hanya menggunakan uang elektronik, baik dengan kartu multi trip (KMT), kartu uang elektronik bank atau tiket QR code. 

Hal ini sebagai dukungan pada program pemerintah yaitu untuk mendorong terciptanya cashless society atau bertransaksi tanpa uang tunai. Tercatat sepanjang tahun 2022, penjualanan KMT pada lintas pelayanan commuterline Yogya-Solo sebanyak 284.562 kartu.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: