Dari Lapas Gunung Sindur, Habib Bahar bin Smith Pindah ke Nusakambangan

iNews.id ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 09:50 WIB
Dari Lapas Gunung Sindur, Habib Bahar bin Smith Pindah ke Nusakambangan
Tangkapan layar dari video para pendukung menyambut kedatangan pria berambut panjang dan pirang diduga Bahar bin Smith yang baru bebas dari Lapas Cibinong, Kabupaten Bogor. (Foto: Tangkapan Layar Video Viral)

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan memindahkan Habib Bahar bin Smith ke Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah. Diketahui, pemidahan Habib Bahar dari Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dilakukan pada Selasa (19/5/2020).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti mengatakan pemindahan murni karena alasan keamanan. Sebelumnya, massa pendukung Habib Bahar yang berkerumun di Lapas Gunung Sindur berpotensi terjadi penyebaran virus corona (Covid-19) dan melanggar protokol kesehatan.

"Pemindahan yang bersangkutan tidak ada maksud lainya, selain demi kepentingan pengamanan dan pembinaan untuk yang bersangkutan, yang merupakan konsekuensi dari pelanggaran terhadap asimilasi yang diberikan," kata Rika Aprianti dalam keterangan tertulis, Rabu (20/5/2020).

Dia menambahkan, di Lapas Gunung Sindur juga terdapat narapidana kasus teroris dan bandar narkoba. Sehingga menjadi tidak kondusif, jika terjadi kerumunan massa yang ingin mengunjungi Habib Bahar.

"Di Gunung Sindur terdapat dua Lembaga Pemasyarakatan yang dihuni oleh narapidana kasus teroris dan bandar narkoba akan menjadikan kondisi yang tidak kondusif dan dapat mengganggu keamanan ketertiban apabila terjadi kerumunan massa yang ingin mengunjungi narapidana Habib Bahar," ucap dia.

Sebelumnya, Bahar Smith dinyatakan bebas bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cibinong lewat program asimilasi pada Sabtu (16/5/2020). Bahar Smith masuk dalam program asimilasi karena sudah menjalani setengah masa tahanan sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiyaan di bawah umur.

Namun Habib Bahar ditangkap kembali karena melanggar hak asimilasi. Petugas membawa Habib Bahar ke Lapas Gunung Sindur, Selasa (19/5/2020) dini hari.


Editor : Nani Suherni