Dataran Tinggi Dieng Kembali Membeku, Ini Penjelasan BMKG

Tim iNews.id ยท Rabu, 27 Juli 2022 - 12:27:00 WIB
Dataran Tinggi Dieng Kembali Membeku, Ini Penjelasan BMKG
Fenomena embun es atau embun beku kembali melanda dataran tinggi Dieng. (Ist)

BANJARNEGARA, iNews.id – Dataran tinggi Dieng kembali membeku selama dua hari, Senin-Selasa (25-26/7/2022). Dieng yang berada di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dengan Wonosobo itu kembali muncul embun es atau embun beku dengan suhu di bawah 1,25 derajat celsius.

Fenomena suhu udara dingin sebetulnya merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau pada Juli -September. 

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang Sutikno embun upas atau bun upas menurut penduduk Dieng adalah embun racun. Fenomena ini ketika suhu menjadi sejuk, lantas turunlah embun-embun yang dingin lagi beku. 

“Dinamai upas karena memang efeknya membuat tanaman mati tersiakan. Kerusakan tersebut tidak dapat dihindari jika embun beku tiba lebih awal sebelum masa panen. Selain memberikan dampak negatif, embun beku dieng juga ternyata mendatangkan dampak positif lainnya,” katanya, Rabu (27/6/2022).

Beberapa faktor yang mungkin berperan terbentuknya embun beku yang didahului suhu dingin ekstrem di Dieng antara lain adalah gerak semu matahari, intrusi suhu dingin dan laju penurunan suhu terhadap ketinggian. 

“Dalam catatan kami, kejadian fenomena embun upas di kawasan Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara pada Tahun 2021 diawali pada Bulan Mei, tepatnya tanggal 10 Mei 2021. Kejadian berikutnya terjadi pada tanggal 7 Juli 2021 dan berita terakhir di tahun 2021 menyebutkan terjadi lagi selama 2 (dua) hari berturut-turut pada tanggal 15-16 Juli 2021,” sebutnya seperti dikutip dari iNewsPurwokerto.id.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: