Dewan Dorong Pelaku Usaha Kreatif di Salatiga Rambah Pasar Digital

"Maka pelaku kreatif usaha fotografi yang juga menurun dan videografi serta yang terkait dengannya. Termasuk pekerja di Mall Ramayana yang mulai dirumahkan ayo mulai melihat digital buktinya pelaku usaha pengiriman barang justru meningkat karena ada transaksi online," ujarnya.
Dance menegaskan, interkoneksi industri dengan pangsa pasar digital dinilai penting. Karena semua orang rata-rata beralih melakukan transaksi secara cepat dan efisien melalui smartphone.
Apabila pelaku usaha ekonomi kreatif ini bersedia mengakselerasi digital dalam pertumbuhannya, maka dampak pandemi Covid-19 yang berakibat pada penurunan pendapatan bisa diminimaliskan.
Sementara itu, Roy Wibisono dari Komite Ekonomi Kreatif (KEK) mengatakan, sejauh ini para pelaku usaha kreatif rata-rata mengalami kendala dalam mengembangkan usahanya. Ke depan butuh pendampingan, seperti pelatihan-pelatihan.
Kemudian kata dia, peserta lebih baik didata guna menghindari persamaan produk, ditambah perlu ada perbaikan database.
"Saya berharap Pemkot Salatiga dapat memfasilitasi, mendampingi banyaknya ekonomi kreatif yang tidak bisa jalan karena rata-rata asal buat. Pendampingan yang dibutuhkan antara lain mulai riset, desaign, pemasaran dan hingga akses internet," ujarnya.
Editor: Ahmad Antoni