Diduga Limbah Industri Usahanya Cemari Bengawan Solo, Perempuan Ini Diperiksa Polisi

Antara · Selasa, 14 September 2021 - 20:00:00 WIB
Diduga Limbah Industri Usahanya Cemari Bengawan Solo, Perempuan Ini Diperiksa Polisi
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy (kiri) di sela acara kunjungan di Solo, Selasa (14/9/2021). (foto: Antara)

SOLO, iNews.id - Tim Ditreskrimsus Polda Jateng melakukan pemeriksaan terhadap seorang perempuan berinisial M. Perempuan yang diperiksa ini merupakan salah satu pemilik usaha industri rumahan membuat alkohol di Sukoharjo yang diduga limbah usahanya mencemari Sungai Bengawan Solo.

“Warga Sukoharjo tersebut saat ini sedang dimintai keterangan sebagai saksi oleh tim Ditreskrimsus Polda Jateng, “ kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, di sela acara kunjungan di Solo, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya, polisi sudah mempunyai dua alat bukti terkait kasus pembuangan limbah tersebut, tetapi pihaknya belum menetapkan M sebagai tersangka. M masih menjadi saksi.

Namun, polisi sudah menemukan sejumlah barang bukti bahwa M melakukan pembuangan limbah dari industri rumahannya ke Sungai Bengawan Solo. Dia terbukti membuang limbah industrinya dengan tangki dan pakai bak terbuka ke sungai.

Dia mengatakan, pemilik industri rumahan di Sukoharjo ada dua perusahaan yang turut diperiksa terkait dugaan pencemaran limbah itu. Dua perusahaan tersebut di Kecamatan Polokarto dan Bekonang Sukoharjo.

Dia mengatakan penyidik sejauh ini telah mengadakan penyelidikan di dua perusahaan besar. Dua perusahaan tersebut sebelumnya telah memperoleh sanksi administratif dari DLHK Provinsi Jateng pada 2019. Satu di Mojolaban, dan satu lainnya di Polokarto. Pengusaha di Mojolaban sudah memiliki IPAL untuk menampung limbah dengan bak ukuran besar.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2