Dihajar Pandemi, Pegawai Dishub Purworejo Sukses Budidaya Jeruk Lemon California

Joe Hartoyo · Selasa, 29 Juni 2021 - 09:29:00 WIB
 Dihajar Pandemi, Pegawai Dishub Purworejo Sukses Budidaya Jeruk Lemon California
Sekretaris Dishub Purworejo, Bambang Gatot Seno Aji memperlihatkan hasil budidaya jeruk lemon California. (iNews/Joe Hartoyo)

PURWOREJO, iNews.id Pandemi Covid-19 tak menjadi halangan untuk tetap kreatif dan inovatif. Seperti yang dilakukan Bambang Gatot Seno Aji (57),  warga Dusun Demangan, Desa Condongsari, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Dia berhasil membudidayakan jeruk lemon California di lahan miliknya. Gatot yang juga Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo ini bukan tanpa alasan memilih jeruk lemon California untuk dibudidayakan.

Menurutnya jeruk lemon California memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi dan pas untuk meningkatkan imunitas tubuh. Harga jualnya yang cukup tinggi juga dinilai prospektif untuk menambah pendapatan.

Dia tertarik menanam jeruk ini karena tidak tahu pandemi kapan berakhir. “Jeruk jenis ini memiliki kandungan vitamin c cukup tinggi dan cocok untuk menguatkan imun tubuh,” kata Gatot.

“Kebetulan saya memang senang bercocok tanam. Sambil mengisi waktu mencoba meraba kondisi pandemi ini dan menjatuhkan pilihan untuk membudidayakan tanaman jeruk,” katanya.

Untuk menjaga kualitas, dirinya tidak menggunakan pupuk kimia. Gatot mencoba menjaga rantai makanan dan menggunakan pupuk organik untuk menjaga tumbuh kembang tanaman.

“Saya tanam 210 pohon dan alhamdulillah  sudah berbuah dan hampir masuk panen perdana. Satu pohon rata-rata bisa produksi 25 kilogram dan tanaman jeruk saya masih berusia 11 bulan,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: