Ganjar dan Habib Syech Ajak Pramuka Jateng Kampanyekan Gerakan Jo Kawin Bocah

Ahmad Antoni ยท Rabu, 31 Agustus 2022 - 06:16:00 WIB
Ganjar dan Habib Syech Ajak Pramuka Jateng Kampanyekan Gerakan Jo Kawin Bocah
Gubernur Ganjar Pranowo dan Habib Syech menghadiri acara Pramuka Jateng Berselawat di halaman Pendopo Kabupaten Tegal, Selasa (30/8/2022) malam. (Ist)

TEGAL, iNews.id - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf mendorong pramuka untuk menjadi kekuatan dalam menginisiasi aktivitas di lingkungan sekitar. Di antaranya dalam ketahanan pangan, menjaga kebersihan lingkungan serta antinarkoba dan cegah pernikahan dini.

"Mereka musti membantu tetangga kiri-kanannya agar ketahanan pangan bisa dilakukan. Ayo tanami pekarangannya, siapkan tanaman-tanaman pendamping beras, ini kita dorong agar mereka menjadi kekuatan untuk bisa menginisiasi aktivitas di lingkungan sekitarnya. Jadi ngiras-ngirus, sambil selawat kita edukasi pramuka kita," kata Ganjar usai menghadiri acara Pramuka Jateng Berselawat di halaman Pendopo Kabupaten Tegal, Selasa (30/8/2022) malam.

Selain ketahanan pangan, Ganjar juga berpesan agar Pramuka Jateng juga berpartisipasi pada banyak hal. Seperti gerakan antinarkoba, kampanye gerakan Jo Kawin Bocah (jangan menikah muda) dan menjaga persatuan.

"Jadi hari ini kita melihat kegembiraan bersama dan tentu saya memberikan pesan-pesan itu. Jadi ada nilai-nilai keagamaan yang diberikan oleh Habib Syech dan Majelis Ulama yang ada di Tegal, lalu ada Wagub Taj Yasin Maimoen, Bupati Tegal, serta Kwarda Jateng. Awmua bicara nagaiman kita membangun ukhuwah Islamiyyah dan aktivitas Pramuka bisa bagus," katanya.

Dalam sambutannya, Ganjar juga mengajak Pramuka Jateng menjaga lingkungan. Caranya dengan menjaga kebersihan serta aktif menanam pohon.

"Mari kita gerakkan untuk menanam. Kemarin Pramuka Jateng ikut menanam mangrove di pesisir Utara agar lingkungan terjaga dan sampah bisa dikendalikan. Jadi bisa ijo royo-royo, sampah bersih, dan sumber air banyak," kata Ganjar.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: