Geruduk Kantor PSDKP, Ini Tuntutan Emak-Emak Istri Nelayan di Pati

Agus Atha Suharto ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 16:32:00 WIB
Geruduk Kantor PSDKP, Ini Tuntutan Emak-Emak Istri Nelayan di Pati
Puluhan ibu-ibu istri nelayan saat menggeruduk kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) setempat. Foto: iNews/Agus Atha Suharto.

PATI, iNews.id - Puluhan emak-emak nelayan yang tergabung dalam Persatuan Istri Nelayan Juwana Kabupaten Pati menggeruduk kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) setempat. Mereka menuntut PSDKP agar memberikan perpanjangan melaut selama satu bulan lagi. 

Terdapat sekitar 50 emak-emak nelayan yang menggeruduk kantor PSDKP Pati. Aksi ini dipicu kebijakan pemerintah agar para nelayan jarik tarik berkantong segera pulang. Jika tidak, mereka akan ditangkap dan dikenakan sanksi. 

Istri para nelayan itu menuntut agar diberi perpanjangan waktu bagi suami mereka yang kini sedang melaut. Ibu-ibu ini berjanji akan membayar SIPI dan pajak yang telah ditentukan pemerintah. 

Namun nelayan yang di tengah laut diberi perpanjangan melaut selama satu bulan. “Kami minta pemerintah untuk memberikan perpanjangan melaut bagi nelayan yang saat ini sedang melaut,” kata Prihatin, istri salah satu nelayan, Kamis (20/1/2022). 

Kepala PSDKP Pati Ariyanto mengatakan, pihaknya akan menyampaikan aspirasi para ibu-ibu nelayan ke pusat. Ia meminta waktu tiga hari untuk memberikan jawaban. 

Setelah mendapat penjelasan dari kepala PSDKP, para ibu-ibu ini akhirnya membubarkan diri. Namun mereka mengancam akan mengerahkan massa yang lebih banyak jika tuntutan tidak dipenuhi. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: