Guru Besar Unnes Sebut Program KUR Pertanian Bisa Kurangi Beban Petani

Ahmad Antoni · Kamis, 26 Mei 2022 - 08:36:00 WIB
Guru Besar Unnes Sebut Program KUR Pertanian Bisa Kurangi Beban Petani
Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya menjadikan pertanian di Indonesia lebih baik dan produktif. (Foto: Ilustrasi/Ist)

SEMARANG, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya menjadikan pertanian di Indonesia lebih baik dan produktif. Salah satu cara yakni dengan memfasilitasi akses petani terhadap program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di bidang pertanian. 

Hal itu karena pemerintah menilai bahwa petani akan jauh lebih produktif apabila dapat terbantu permodalannya dalam bertani.

Guru Besar Ekonomi Pertanian Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti mengatakan, KUR dinilai memiliki peranan penting untuk mengurangi beban petani di awal masa tanam.

"Pemerintah juga perlu mengurangi beban petani terhadap besaran biaya input pertanian dengan memberikan dukungan kepada petani berupa fasilitasi kepada perbankan atau lembaga penyalur KUR lainnya untuk mengakses KUR pertanian dan juga memastikan ketersediaan jaringan irigasi  pertanian yang baik," katanya, Selasa (24/5/2022).

Menurutnya, peranan penyuluh pertanian pun dinilai cukup penting, karena masih terdapat para petani yang mungkin belum memiliki informasi yang cukup mengenai manfaat dan tata cara mengakses KUR pertanian.

"Karena keterbatasan informasi dan pengetahuan. Oleh karena itu, disini peran penyuluh pertanian sangat vital untuk membimbing para petani tentang tata cara memperoleh KUR pertanian," ujarnya.

Dia mengatakan, KUR yang memiliki banyak manfaat dalam membantu permodalan petani dapat menjauhi para petani tersebut dari meminjam modal dengan bunga  yang tinggi oleh para rentenir.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: