Harga BBM Naik, Tarif Batik Solo Trans Masih Digratiskan

Antara ยท Senin, 05 September 2022 - 17:07:00 WIB
Harga BBM Naik, Tarif Batik Solo Trans Masih Digratiskan
Ilustrasi - Salah satu Bus BST sedang melewati ruas jalan di Kota Solo. Foto: ANTARA/Aris Wasita

SOLO, iNews.id - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) belum mempengaruhi besaran tarif Batik Solo Trans (BST). Alasannya, masih diberlakukan sistem buy the service terhadap moda transportasi tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Taufik Muhammad mengatakan, saat ini tiket BST maupun angkutan feeder masih diberlakukan gratis, sehingga kenaikan harga BBM tidak berdampak langsung kepada penumpang.

"Tapi lebih berdampak ke pelaku usaha," katanya.

Ia mengatakan, mekanisme buy the service merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk penyediaan angkutan umum di beberapa kota di Indonesia dan menggratiskan penumpang agar nyaman menggunakan angkutan umum.

Sistem ini diterapkan pada BST yang beroperasi di Kota Solo dan sekitarnya. Dengan mekanisme tersebut, pengusaha merasakan perbedaan nilai operasional dari nominal yang sudah ditentukan dalam kontrak mengingat buy the service tetap diberlakukan meski harga bahan bakar naik.

"Misalnya kontrak transportasi publik di trayek A yang dulunya sekian tentu tidak bisa lagi dicapai jika kontrak tidak berubah. Artinya jika kontrak tidak berubah maka pelayanannya yang nanti akan mengalami penyesuaian," katanya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: