Harga Kebutuhan Pokok di Banyumas Stabil Pascakenaikan BBM

Antara ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 09:51:00 WIB
Harga Kebutuhan Pokok di Banyumas Stabil Pascakenaikan BBM
Seorang pedagang sayuran di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas tengah melayani pembeli. Foto: ANTARA/Sumarwoto.

Menurut dia, kebijakan penyesuaian harga BBM yang diambil pemerintah pada awal September 2022 belum berdampak terhadap harga telur ayam ras dan sejumlah komoditas lainnya.

Salah seorang pedagang sayuran, Anjar mengatakan, harga beberapa komoditas pertanian yang pasok dari luar wilayah Banyumas, khususnya cabai justru mengalami penurunan pascakenaikan harga BBM.

"Penurunan harga beberapa jenis cabai itu terjadi karena komoditas tersebut sebelumnya mengalami lonjakan signifikan akibat minimnya pasokan dari petani," katanya.

Dia mencontohkan, harga cabai rawit merah dalam beberapa hari terakhir bertahan pada kisaran Rp60.000-Rp65.000 per kilogram atau turun drastis jika dibandingkan beberapa pekan sebelumnya yang sempat mencapai kisaran Rp100.000 per kilogram.

Menurut dia, hal serupa juga terjadi pada cabai rawit hijau yang berada di kisaran Rp50.000 per kilogram, cabai merah keriting Rp55.000 per kilogram, dan cabai merah besar Rp60.000 per kilogram. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: