Harga Kebutuhan Pokok di Banyumas Stabil Pascakenaikan BBM

Antara ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 09:51:00 WIB
Harga Kebutuhan Pokok di Banyumas Stabil Pascakenaikan BBM
Seorang pedagang sayuran di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas tengah melayani pembeli. Foto: ANTARA/Sumarwoto.

BANYUMAS, iNews.id - Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Banyumas dinilai masih stabil usai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Sejumlah komoditas bahkan mengalami penurunan harga setelah sempat melonjak sebelum kenaikan BBM. 

"Biasanya kalau ada penyesuaian harga BBM akan disusul dengan kenaikan harga sejumlah komoditas, namun kali ini relatif stabil. Padahal penyesuaiannya sudah berlangsung hampir sebulan," kata Kabid Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banyumas, Retno Wulandari, Senin (3/10/2022). 

Sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga, di antaranya cabai, telur ayam ras, dan daging ayam ras. Kendati demikian, dia mengakui jika fluktuasi harga masih terjadi pada beberapa komoditas.

"Fluktuasi harga memang masih terjadi, namun kalaupun naik, kenaikannya tidak signifikan," ucapnya.

Salah seorang pedagang telur di Pasar Manis, Purwokerto, Triono mengakui harga telur ayam ras saat sekarang sudah kembali ke harga rata-rata sebelum terjadi lonjakan.

"Harga telur ayam ras saat ini Rp22.500 per kilogram, sebelumnya saat pembagian BPNT (bantuan pangan nontunai) sempat menyentuh Rp33.000 per kg," kata Triono. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: