Hebat, Siswi Kelas 6 Madrasah di Boyolali Ini Ciptakan Robot Kayu Pendeteksi Suhu Tubuh

Tata Rahmanta ยท Rabu, 15 September 2021 - 07:13:00 WIB
Hebat, Siswi Kelas 6 Madrasah di Boyolali Ini Ciptakan Robot Kayu Pendeteksi Suhu Tubuh
Siswi kelas 6 MIM Boyolali didampingi guru pembina menunjukkan cara kerja robot Cofee One. (iNews/Tata Rahmanta)

Sementara,  untuk membuat robot Cofee One, siswa dibantu guru pembina yang membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu dengan biaya kurang lebih Rp1 juta.

“Ini membuat robot Cofee One atau Covid fighter three in one yaitu robot pengecek suhu tubuh secara otomatis, mensteril badan dan ATM masker,” kata Azzliana, Selasa (14/9/2021).

“Ide membuat robot dari kita sendiri, satu tim dua orang. Pembuatan robot dikerjakan tiga hari dengan dibantu pembina. Harapannya kita bisa membanggakan orang tua dan sekolah,” katanya.

Robot cofee one tersebut saat ini juga dikutkan lomba robotik tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan masuk final. Diharapkan, ke depan robot dapat digunakan di sekolah sekolah, kantor maupun mal.

“Jadi ini program rutin kami, sudah masuk agenda ekstra kurikuler. Untuk lomba tingkat nasional untuk tahun ini lolos 30 tim termasuk kita. Nanti pengumumannya disiarkan secara online pada bulan Oktober,” kata Kepala Sekolah MIM, Suryadi.

“Lomba pada kategori rancang bangun. Jadi pembuatan robotik yang rancang bangun. Yang satu tim lagi ada robot biasa yakni mobile robot. Nanti yang finalnya langsung offline, langsung ke Jakarta. Jadi ada dua tim, semua ke final,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni