Hebat, Siswi Kelas 6 Madrasah di Boyolali Ini Ciptakan Robot Kayu Pendeteksi Suhu Tubuh

Tata Rahmanta ยท Rabu, 15 September 2021 - 07:13:00 WIB
Hebat, Siswi Kelas 6 Madrasah di Boyolali Ini Ciptakan Robot Kayu Pendeteksi Suhu Tubuh
Siswi kelas 6 MIM Boyolali didampingi guru pembina menunjukkan cara kerja robot Cofee One. (iNews/Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id - Masa pandemi Covid-19 memotivasi Azzliana Al Thafunnisa dan Roizah Tri Solikhah, siswi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah  (MIM ) di Kabupaten Boyolali untuk berinovasi. Keduanya mampu menciptakan robot Cofee One (Covid fighter three in one).

Robot karya dua siswi kelas 6 MIM Desa Bendo, Kecamatan Nogosari itu merupakan robot pengecek suhu tubuh yang dilengkapi dengan alat penyeteril dan ATM masker.

Meski hanya dirangkai menggunakan kayu dan sejumlah komponen elektronik sederhana, namun robot cofee one (covid fighter three in one) mampu mendeteksi suhu tubuh dengan suara google asisten.

Tak hanya itu, robot tersebut juga dilengkapi dengan alat penyeteril berupa uap disinfektan dan ATM masker. Cara kerja robot tersebut yakni  ketika ada seseorang yang mendekat pada sensor suhu, maka sensor suhu akan mengecek suhu tubuh secara otomatis.

Kemudian arduino memerintahkan dff player untuk mengucapkan suhu secara realtime. Setelah lolos suhu robot akan mensterilkan tubuh dengan asap yang dibuat oleh mistmaker.

Selain itu, robot juga dilengkapi dengan ATM masker yang akan mengeluarkan masker untuk dipakai seseorang yang tidak memakai masker atau mengganti masker dengan masker yang baru.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2