Industri Kecil Menengah di Boyolali Didorong Raih Kucuran Kredit Perbankan

Ary Wahyu Wibowo ยท Sabtu, 01 Oktober 2022 - 06:51:00 WIB
Industri Kecil Menengah di Boyolali Didorong Raih Kucuran Kredit Perbankan
Sosialisasi program KUR dan lembaga keuangan untuk kredit usaha rakyat di Kabupaten Boyolali. Foto: Ist.

BOYOLALI, iNews.id Industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Boyolali didorong agar bisa mendapat kucuran kredit dari kalangan perbankan. Selama ini, banyak IKM belum bisa mengakses perbankan karena berbagai kendala. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Boyolali, Karseno mengatakan, IKM selama ini belum sepenuhnya bisa mengakses perbankan, sehingga persoalan permodalan belum bisa terakses dengan maksimal. 

Sedangkan pihak perbankan dinilai terkesan masih ragu-ragu dengan IKM. Melalui sosialiasi BUMN dengan tema Program KUR dan Lembaga Keuangan untuk Kredit Usaha Rakyat, Jumat (30/9/2022), Pihaknya berupaya mempertemukan kalangan perbankan dengan IKM agar berbagai kendala bisa dicarikan solusinya.

“IKM itu khan tidak mau berbelit-belit, sedangkan perbankan punya aturan-aturan sendiri,” kata Karseno. 

Dikatakannya, IKM di Boyolali beragam jenis usahanya. Mulai dari makanan minuman, dan industri kecil lainnya. Sedangkan jumlah IKM yang terdata Disdagperin Boyolali mencapai sekitar 8.000. 

Diakuinya, saat pandemi Covid-19 banyak IKM yang tiarap, dan kini mulai bangkit kembali. Banyak IKM yang tahan banting meskipun diterpa pandemi. 

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima mengajak IKM di Boyolali memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) dari pemerintah. Keberpihakan pemerintah terhadap pelaku usaha terlihat jelas, khususnya terhadap skala menengah ke bawah. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: