Jelang Ramadan, Bulog Pastikan Stok Beras di Jawa Tengah Aman

Ahmad Antoni · Kamis, 08 April 2021 - 20:10:00 WIB
Jelang Ramadan, Bulog Pastikan Stok Beras di Jawa Tengah Aman
Perum Bulog wilayah Jateng menjamin stok beras mampu mencukupi kebutuhan 5 bulan ke depan. (Dok/Ahmad Antoni)

Menurutnya, Bulog terus berupaya meningkatkan kegiatan pengadaan demi kesejahteraan petani, dengan menerjunkan satker pengadaan gabah/beras di setiap kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. Apalagi, saat ini masih dalam masa panen raya.

Untuk diketahui, sesuai dengan Permendag nomor 24 tahun 2020, harga pembelian gabah kering panen dalam negeri dengan kualitas kadar air paling tinggi 25 persen dan kadar hampa atau kotoran paling tinggi 10 persen adalah sebesar Rp4.200 per kilogram di petani atau Rp4.250 per kilogram di penggilingan.

Sedangkan harga pembelian gabah kering giling dalam negeri, dengan kualitas kadar air paling tinggi 14 persen dan kadar hampa atau kotoran paling tinggi 3 persen sebesar Rp5.250 per kilogram di penggilingan atau Rp5.300 per kilogram di gudang Bulog.

Harga pembelian beras dalam negeri dengan kualitas kadar air paling tinggi 14 persen, butir patah paling tinggi 20 persen, kadar menir paling tinggi dua persen dan derajat sosoh paling sedikit 95 persen sebesar Rp8.300 per kilogram di depan gudang Bulog.

Di sisi lain, dalam rangka stabilisasi harga di tingkat konsumen, Perum Bulog Kanwil Jateng tetap melakukan penjualan beras CBP melalui program pemerintah KPSH (Ketersediaan Pangan dan Stabilisasi Harga). Program ini akan terus dilaksanakan sepanjang tahun 2021.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3